Kali Fulica di Manokwari Diduga Tercemar Zat Kimia Berbahaya



Foto : Tumpukan Busa yang berasal dari campuran zat kimia berbahaya di Kali Fulica di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kali Fulica di Jalan Drs. Esau Sesa, Manokwari Barat, tercemar zat kimia berbahaya. Hal ini berdasarkan temuan Dinas Lingkunga Hidup Kabupaten Manokwari, Kamis (9/1/2020).

Busa yang berada di beberapa titik kali ini, diduga berasal dari sabun, bahan pembersih kaca serta pembersih lantai berupa Isopropil alkohol, benzal konium chloride dan surfacktant serta Dye dan Fragrance.

Gabungan zat kimia yang berbahaya bagi manusia dan mikroorganisme di sekitar lokasi itu, terbawa saat hujan hingga ke badan kali.

“Semua bahan kimia itu berbahaya meski kandungannya haya sekitar 5 persen saja,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Manokwari,  Dr. Yonadab Sraun, S.Hut, S.H, M.Si, melalui rilis tertulis.

Cairan kimia berbahaya ini diduga pula berasal dari bekas gudang air isi ulang Akwafa Manokwari milik PT. Global Makmur Persada.

“Kami harap puing pasca kebakaran tahun lalu segera dibersihkan, karena kali sudah tercemar,” terangnya.

Sebelumnya Air Akwafa Manokwari ini milik PT. Sinar Gunung Moile Manokwari. Pasca kebakaran, perusahaan ini lalu berpindah tangan ke PT. Global Makmur Persada.

“Kami akan menguji kualitas aiar kali di Labaoratorium Pusat Penelitian Unipa Manokwari, karena alat uji lab Foto Spektro Meter milik DLH rusak,” papar Kabid Pengendalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Yohanes Ada Lebang.

Pemilik lokasi ini diminta membersihkan lokasi tersebut. Semua pengusaha di Manokwari yang mengguakan bahan kimia, diingatkan untuk melengkapi sarana dan pra sarana agar tak mencemari lingkungan sekitar. (ajm/nn)

 

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan