Kebakaran Hebat Hanguskan Rumah Warga di Manokwari



Foto : Nampak bagian belakang rumah warga di Manokwari, yang ludes terbakar, Senin (20/7/2020) malam. (red/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Sebuah rumah di kompleks Kotaraja, Manokwari, Papua Barat, ludes terbakar, Senin (20/7/2020), sekira pukul 18.50 WIT. Nyala api dengan cepat membuat panik warga sekitar.

Adolof Ronsumbre, pemilik rumah, mengaku tak tau asal api karena saat itu ia sedang menggelar video virtual peluncuran buku melalui jejaring sosial.

“Saya di dalam kamar belajar, bagian belakang dekat dapur. Saat video virtual peluncuran buku, saya besarkan speaker sehingga tidak begitu mendengar apa yang terjadi,” ujarnya saat ditemui di lokasi kebakaran.

Saat itu, Adolof yang juga sebagai dosen Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Papua, sedang meluncurkan buku berjudul Ensiklopedia Suku Bangsa di Provinsi Papua Barat.

“Tiba-tiba orang berteriak kebakaran. Karena api yang sudah besar, saya lari keluar hanya memegang laptop. Ketiga anak dan istri juga saya suruh ke luar rumah segera,” kisahnya.

Ia juga sempat menyelamatkan mobilnya dari garasi di samping rumah. Selebihnya, tak ada barang yang bisa diselamatkan karena kobaran nyala api yang besar.

“Beruntung semua selamat, meski tak banyak barang yang bisa kita keluarkan saat rumah terbakar,” ungkap Adolof.

Dari informasi yang dihimpun Nokennews.com di TKP, api diduga berasal dari ledakan kompor di dapur. Sialnya, terdapat jerigen berisi minyak tanah, yang letaknya tak jauh dari sumber ledakan.

Meski terjadi kebakaran hebat, namun api tak sampai menjalar hingga ke rumah warga sekitar. Pasalnya, posisi rumah tersebut berdiri cukup jauh dengan rumah para tetangga.

Upaya pemadaman dilakukan dua unit mobil pemadam kebakaran, dibantu tiga truk tangki air. Hingga pukul 20.30 WIT, kedua mobil tersebut masih silih berganti menyemprotkan air, untuk memastikan api benar-benar padam.

Selain upaya pemadaman, polisi juga sudah memasang police line di TKP. kejadian ini sempat menarik perhatian warga, beberapa diantaranya berniat membantu namun terhalang nyala api yang besar. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan