Kecewa, Orang Tua Calon Siswa Palang SMP N 6 Manokwari



Foto : Protes penerimaan siswa baru di SMP Negeri 6 Manokwari.

Foto : Protes penerimaan siswa baru di SMP Negeri 6 Manokwari, Rabu (1/7/2020)

MANOKWARI, Nokennews.com – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Manokwari, dipalang orang tua calon siswa saat penerimaan tahun ajaran baru 2020/2021, Rabu (1/7/2020). Mereka kecewa dengan kebijakan sekolah dalam penerimaan tersebut.

Menurut mereka jadwal pendaftaran penerimaan siswa baru berlangsung secara online sejak pukul 07-12.30 WIT. Namun pada pukul 09.00 WIT, portal website pendaftaran ditutup.

“Karena sudah tutup, kami bermaksud datang untuk mendaftar anak-anak kami secara manual tetapi tidak mendapati panitia atau pihak sekolah,” jelas Irma Karici, orang tua calon siswa.

Ia mengaku aksi pemalangan yang dilalukan para orang tua, merupakan buntut dari kekecewaan karena tidak bertemu panitia pendaftaran.

Irma mengatakan sebagian besar para orang tua calon siswa yang datang, merupakan warga Wosi, Distrik Manokwari Barat. Menurut dia, seharusnya anak mereka diprioritaskan dalam penerimaan sesuai sistem zonasi,

“Masa ada siswa yang alamatnya Jalan Baru Sowi, diterima pihak sekolah sedangkan kami yang warga Wosi, tidak diterima,” kesalnya.

Foto : Para orang tua calon siswa mendatangi SMP Negeri 6 Manokwari. (ajm/nn)

Senada, orang tua calon siswa lain, Arons Ronsumbre menilai pihak sekolah tidak transparan soal pendaftaran siswa baru karena menutup pendaftaran lebih awal dari jadwal penerimaan.

“Harusnya kasih kesempatan biar kami juga bisa daftarkan anak-anak kami. Pendaftar online tutup, kami lewat jalur manual juga tidak ada orang. Jelas ini memancing kemarahan dari orang tua siswa,” tegasnya.

Selang beberapa saat, pemalangan jalan masuk lingkungan sekolah akhirnya dibuka Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari, Neles Dowansiba.

Sempat bernegosiasi, Neles kemudian meminta orang tua calon siswa mengumpulkan berkas pendaftaran kemudian dibawa ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari.

Sayangnya ia menolak memberi keterangan ketika dihampiri para wartawan di lokasi.

“Hari ini saya masih sibuk,” singkatnya sambil berlalu. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan