Kesbangpol Manokwari Perkuat Tim Penanganan Konflik Sosial



Foto : Dialog interaktif penanganan konflik sosial di RRI Pro 1 Manokwari

MANOKWARI, Nokennews.com – Penanganan konflik sosial membutuhkan pendekatan secara menyeluruh, terutama merangkul setiap organisasi masyarakat (Ormas).

Hal ini yang sedang digalang Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Manokwari. Diantaranya memperkuat tim penanganan konflik bersama dengan pihak terkait termasuk TNI/Polri.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Manokwari, Selfianus Kambu, S.Sos mengatakan tim penanganan ikut bertugas menjamin serta menciptakan keamanan di Manokwari.

“Salah satunya dengan sosialisasi, juga menjabarkan aturan-aturan penanganan konflik. Yang dilakukan itu bagaimana menciptakan Manokwari yang aman dan damai,” ujarnya saat dialog publik di RRI Pro 1 Manokwari, Kamis (17/10/2019).

Penanganan konflik sosial juga tidak melupakan peran dari tokoh masyarakat. Aplagi tak ada pembatasan warga negara dalam hal membentuk organisasi masyarakat.

“Kesbangpol mengawasi ormas sesuai Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Jika melanggar, akan ada teguran dalm bentuk surat tertulis,” terangnya sembari menambahkan pencabutan ijin ormas jika melanggar atutan.

Salah satu program Kesbangpol Manokwari adalah mendata serta merangkul semua organisasi masyarakat. Meski demikian masih ada ormas yang belum terdaftat secara resmi.

“Program pemberian insentif kepada kerukunan keluarga merupakan salah satu program kami. Yang belum bukan dibatasi tetapi sesuai anggaran yang diprogramkan,” ucap Selfianus lagi.

Kasat Bimas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto mengaku pembinaan melalui pemahaman mencegah konflik dilakukan dari tingkat bawah.

“Polres Manokwari melalui Binmas intens memberi pemahaman. Pengamanan suakarsa atau Siskamling dan Polmas, juga dilakukan untuk mencegah konflik sosial,” katanya.

Subiyanto mengungkap antisipasi konflik harus dilakukan dengan melibatkan semua potensi, baik masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga semua pihak termasuk TNI/Polri dan pemerintah daerah. (***)

 

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan