KPU Manokwari Rekrut Anggota PPD, Dimulai 15 Januari



Foto : Ilustrasi

MANOKWARI, Nokennews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, segera membuka rekruitmen Panitia Pemilihan Distrik (PPD) untuk Pemilihan Kepala Daerah Manokwari Tahun 2020.

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe mengaku perekrutan PPD merupakan salah satu tahapan Pilkada.

“PPD hadir untuk menjamin hak pilih dan menjamin teknis pelaksanaan tahapan Pilkada di tingkat distrik,” jelasnya melalui rilis tertulis, Selasa (7/1/2020)

Perekrutan PPD dimulai 15 Januari hingga proses pelantikan 14 Februari 2020. Ini sesuai Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, Peraturan KPU 3 Tahun 2018 tentang Pembentukan Badan Adhoc KPU serta diperkuat surat edaran Ketua KPU RI Nomor 2254.

“Ada seleksi tertulis dan wawancara. Calon anggota PPD juga harus netral. PPD Manokwari bekerja mulai 1 Maret hingga 30 November 2020,” bebernya.

Menurutnya KPU Manokwari secara garis besar melihat dan menilai variable, seperti rekam jejak, Integritas, kapasitas dan keahlian.

“Sejumlah variabel ini yang menentukan integritas proses dan kualitas hasil Pilkada Manokwari 2020,” terang Muin.

Syarat lainnya diantaranya usia minimun 17 tahun, setia pada dasar Negara, berintegritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal 5 tahun, domisili dalam wilayah kerja, calon PPD sehat dan bebas Napsa, pendidikan paling rendah SMA sederajat.

“Selain sosialisasi ke distrik-distrik, juga bisa mendaftar langsung di sekretariat KPU Manokwari,” ungkapnya.

Ia berharap proses seleksi yang terbuka untuk umum ini berjalan lancar dan menghasilkan SDM untuk menyukseskan Pilkada Manokwari.

“KPU Manokwari akan melakukan sosialisasi tentang pendaftaran PPD serta PPS ke 9 distrik di Kabupaten Manokwari,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan