Manokwari Perketat Aturan Jam Buka Tutup Tempat Usaha



Kasubag Penegakan Perda Satpol PP kabupaten Manokwari, Teodorus Rumbruren. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Penegakan disiplin protokol kesehatan di area publik, dilakukan intens Tim Satgas COVID-19 kabupaten Manokwari. Tim berkeliling, mengawasi sejumlah tempat usaha seperti cafe, toko dan warung makan.

Sanksi tegas menanti pelaku usaha yang dinilai mengabaikan aturan tentang disiplin protokol kesehatan, dengan sanksi terberat adalah pencabutan ijin usaha.

“Awalnya dikasih surat peringatan, satu, dua dan ketiga. Kalau masih melawan sanksi administrasi pencabutan ijin usaha. Tetapi sebelumnya kita tetap berkoordinasi dengan Satgas,” jelas Kasubag Penegakan Perda Satpol PP kabupaten Manokwari, Teodorus Rumbruren, Senin (28/9/2020).

“Sasaran kami, toko, kios, pedagang kaki lima termasuk cafe. Ada dua pilihan, beroperasi dari pagi sampai sore, atau sore sampai malam,” ujarnya lagi.

Saat sidak di salah satu cafe di Jalan Drs. Esau Sesa Manokwari, ia mengurai dua pilihan jam operasional yang dimaksud adalah pukul 08.00-18.00 WIT dan pukul 18.00-23.00 WIT.

“Kalau buka pagi sampai sore, misalnya cafe dibolehkan, asal duduk tetap menjaga jarak. Begitu juga dengan pengunjung toko atau kios dan pedagang kaki lima,” bebernya.

Sementara, tempat usaha yang beroperasi malam hari, misalnya warung makan tetap dibolehkan. Hanya saja pembeli disarankan untuk membungkus dan membawa pulang makanan.

Terkait pengawasan hotel dan tempat hiburan malam, Teodorus mengaku belum mendapat petunjuk lebih lanjut. Saat ini konsentrasi tugas untuk sementara berlaku untuk beberapa item seperti yang disebutkan di atas.

“Kami Satpol PP bersama personil Kodim 1801/Manokwari, tetap memantau aktivitas tempat-tempat yang biasa sebagai tempat berkumpul orang,” paparnya lagi sembari menambahkan kebijakan ini sebagai upaya pencegahan COVID-19.

Meski masih terbatas dalam jumlah personil dan kendaraan operasional, razia itu tetap berjalan. Sementara, pihak kepolisian, kata Teodorus, juga melakukan hal yang sama.

Diharapkan pelaku usaha memahami situasi dan mengikuti aturan. Sebab, razia ini hanya berlangsung untuk sementara waktu, sesuai perkembangan pandemi. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan