Pastikan Warga Tak Berkerumun, Patroli Gabungan Beraksi di Manokwari



Patroli gabungan TNI/Polri dan Satpol PP di Manokwari, Kamis (31/12/2020). (pzk/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Tim Gabungan TNI/Polri dan Satpol PP patroli berkeliling kota Manokwari Papua Barat, untuk mencegah kerumunan warga saat malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2020).

Sesuai pantauan NokenNews.com, empat mobil tim gabungan sekira pukul 19.00 WIT, tiba di sebuah cafe di Reremi Puncak Manokwari Barat.

Pemilik cafe dan sebuah warung makan di lokasi itu, diminta segera tutup sesuai dengan imbauan sebelumnya yang sudah dikeluarkan, yakni larangan berkerumun saat malam pergantian tahun.

Selain cafe dan warung makan, patroli tersebut juga menyasar potensi kerumunan warga di sejumlah lokasi di kota Manokwari. Tempat hiburan malam seperti karoke termasuk balapan liar juga menjadi atensi khusus.

Sayangnya, baik pemilik cafe maupun warung makan mengaku kecewa karena tak ada sosialisasi yang dilakukan sebelumnya.

“Katanya ada surat edaran, tetapi tidak disosialisasikan sebelumnya. Bagaimana dengan kita yang sudah masak banyak, akhirnya bisa merugi,” ujar pemilik warung makan yang enggan dipublikasikan.

Dari hasil pengamatan lapangan, situasi di seputar Sanggeng Manokwari Barat, masih terlihat renggang hingga pukul 20.15 WIT. Satu unit water canon dan 1 unit Toyota Hilux double cabin Raisa (pengurai massa), standby di Jalan Yos Sudarso, tepatnya depan Pos Polisi Sanggeng.

Tak nampak konsentrasi warga, padahal lokasi ini menjadi pusat perhatian akan pesta kembang api. Sedangkan sejumlah jalan protokol di Manokwari, dijaga personil Satuan Lalu Lintas.

Sehari sebelumnya, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, menegaskan larangan berkerumun saat malam pergantian tahun.

Selain itu, konvoi kendaraan dan live music serta pesta yang berpotensi dikerumuni banyak orang juga dilarang. Tindakan tegas bakal diambil terhadap para pelaku pelanggar protokol kesehatan untuk hal ini.

Kebijakan ini melanjutkan Maklumat Kapolri Jendral Polisi Idham Azis, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19, yang kemudian diteruskan hingga ke seluruh daerah di Indonesia. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan