Pemkab Manokwari Diminta Perhatikan Kondisi Gunung Meja



Foto : Ketua komisi B DPRD Manokwari, Aloysius Siep.

MANOKWARI, Nokennews.com – Pemerintah Kabupaten Manokwari diminta kembali melakukan pemetaan batas wilayah kawasan hutan Gunung Meja dengan pemukiman.

Selain sebagai hutan yang dilindungi, Gunung Meja juga menjadi sumber air bagi beberapa tempat di Manokwari seperti Amban, Brawijaya dan bahkan Kampung Ambon.

“Ironisnya saat ini mata air yang mengalir dari Hutan Gunung Meja sudah mulai berkurang,” ujar Ketua komisi B DPRD Manokwari, Aloysius Siep dalam sebuah kesempatan di Manokwari.

Menurutnya hutan tersebut sedianya menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar, namun sekarang debit airnya mulai berkurang.

Aloysius mengingatkan agar Hutan Gunung Meja harus dijaga dari penebangan liar, termasuk upaya membangun pemukiman disekitar lokasi itu.

“Saat ini kehutanan sudah menjadi kewenangan Provinsi sehingga kami harapkan ada perhatian dari Gubernur Papua Barat. Terutama batas wilayah hutan gunung meja tetap terjaga,” jelasnya

“Kalaupun penebangan dan akan dilakukan upaya penghijauan tentu membutuhkan waktu puluhan tahun untuk kembali. Alangkah baiknya menjaga daripada memperbaiki agar kondisinya tetap baik,” singkatnya. (bep/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan