Pengurus Cabor Diingatkan Hindari Nepotisme, Demi Prestasi Olahraga Daerah



Foto : Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Septer Dimara.

MANOKWARI, Nokennews.com – Organisasi olahraga diharapkan mampu mengorbitkan atlet handal sekaligus menjadi pelopor pembinaan mentalitas pemuda di Tanah Papua.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Septer Dimara sudah waktunya pengurus cabor tidak menggunakan pendakatan kekeluargaan (nepotisme) dalam komposisi organisasi.

“Saya sarankan siapapun yang menjadi nahkoda cabang olahraga, tidak mengisi struktur kepengurusan dengan keluarganya maupun keluarga dekat,” jelasnya Selasa (10/12/2019) di Manokwari.

Menurutnya lebih tepat jika struktur kepengurusan cabang olahraga diisi orang-orang yang berkompoten sesuai bidangnya. Tujuannya tak lain adalah untuk memajukan olahraga demi mencetak prestasi kelak.

Septer mengaku banyak keluhan tentang struktur pengurus cabor yang dihiasi kerabat atau keluarga. Keluhan ini sering disampaikan atlet dan pemerhati olahraga di Manokwari.

“Kesadaran ini harus dibangun dari sekarang. Jangan lagi pengurus olahraga hanya diisi oleh kerabat atau keluarga saja,” terangnya.

Ia menilai sudah waktunya dilakukan reorganisasi oleh KONI Kabupaten Manokwari agar kembali menghidupkan Pengkab cabor yang kini dianggap ‘Mati Suri’.

Meski demikian Septer mengaku tidak berwenang untuk mengintervensi terlalu ke dalam, kecuali ada petunjuk dari Ketua KONI Kabupaten Manokwari.

Namun dirinya mengaku tidak berkewenangan untuk mengintervensi KONI Kabupaten, kecuali ada petunjuk dari Ketua Umum KONI Kabupaten.

Ia berharap KONI Kabupaten Manokwari berperan dan mengangkat kembali cabor-cabor yang selama ini dianggap tidak aktif. KONI juga diminta berperan aktif dalam pembinaan pengkab.

“Yang penting struktur pengurus cabor jangan diisi kerabat dan keluarga, tetapi bagaimana menempatkan orang yang sesuai agar kelak mendapat prestasi sesuai harapan,” singkatnya.(ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan