Polisi Kawal Penerapan Protokol COVID-19 Menuju 9 Desember 2020



Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan. (Foto : red/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Polres Manokwari, siap mengawal penerapan protokol kesehatan dalam seluruh tahapan menuju Pilkada Manokwari, 9 Desember 2020.

“Sudah ada Maklumat Kapolri berisi aturan dalam setiap tahapan Pilkada yang harus memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan, Kamis (24/9/2020) di kantor KPU Manokwari.

Menurutnya, baik pihak penyelenggara (KPU), pasangan calon dan tim sukses wajib mematuhi aturan sesuai protokol kesehatan. Sebab, Maklumat Kapolri dikeluarkan untuk mendukung instruksi pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19.

“Polri juga mendukung penerapan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020, tentang pembatasan jumlah orang dalam kegiatan atau tahapan Pilkada,” terang kapolres.

Dalam tahapan Pilkada selanjutnya, 26 September hingga 5 Desember 2020, Polres Manokwari bersama Bawaslu akan mengawasi. Jika ada kandidat yang melanggar aturan saat kampanye tertutup, berpotensi untuk dibubarkan.

“Ada tahapannya, tentu dengan pendekatan persuasif. Jika tidak diindahkan, tindakan tegas akan dilakukan,” singkat kapolres.

Polres Manokwari bersama pemkab saat ini menggelar operasi Yustisi untuk mendorong tingkat disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Operasi masih tahap sosialisasi, nanti akan ada penindakan jika ada yang melanggar sesuai ketentuan KPU. Kami siapkan personil di lapangan,” ujarnya lagi.

Operasi Yustisi yamg digelar baru sebatas mencatat nama pelanggar, misalnya tidak mengenakan masker di tempat umum. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan