Ratusan Pedagang Ikan di Manokwari Bakal Ikut Rapid Tes



Foto : Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK, MS.i. Polda Papua Barat, siapkan Rapid tes masal untuk pedagang ikan di Manokwari.(pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Polda Papua Barat, berencana menggelar Gelar Rapid Tes masal di Pasar Sanggeng Manokwari, Selasa (30/6/2020.

“Sebelum masuk New Normal, kita harus pastikan area publik di Manokwari, benar-benar steril dari Covid-19,” ujar Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK, MS.i, Senin (29/6/2020) di Manokwari.

Menurutnya pasar sebagai area publik harus steril dengan menetapkan standar protokol kesehatan, diantaranya mencuci tangan, menggunakan masker.

“Kita berdoa semoga hasil tes ini semuanya non reaktif. Para pedagang ikan di pasar juga harus dipastikan bebas dari virus Covid-19,” bebernya.

Polda Papua Barat, menyiapkan sekira 200 alat rapid tes yang nantinya digunakan. Ini sebagai langkah awal dan pertama kali digelar rapid tes masal di Manokwari.

“Kita fokus ke pedagang dulu. Kalau ada yang reaktif, dianjurkan untuk isolasi mandiri,” papar Kapolda.

Kegiatan ini juga didukung Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, jajaran Forkopimda serta Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat.

Di sisi yang lain, TNI/Polri akan bertindak sebagai garda terdepan dalam upaya menertibkan masyarakat sebelum pelaksanaan New Normal nantinya.

Disebutkan keberadaan aparat di area umum bukan untuk menakut-nakuti, tetapi lebih kepada sosialisasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saat ini masih pendekatan persuasif untuk sosialisasi protokol kesehatan. Nanti kita akan lihat perkembangan ke depan,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan