Ribuan Nakes di Manokwari Terdaftar dan Siap Divaksin



Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Manokwari, Marthen Rantetampang, (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Dinas Kesehatan Manokwari, Papua Barat, mencatat sedikitnya 1.800 tenaga kesehatan (Nakes) yang siap mendapat vaksin COVID-19.

“Vaksin tahap pertama, sasarannya untuk Nakes, diantaranya bidan, perawat, dokter dan petugas kebersihan pada layanan kesehatan. Mereka mengisi daftar pernyataan bersedia divaksin,” jelas Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Manokwari, Marthen Rantetampang, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi nanti, akan dilakukan registrasi, skrining atau penyaringan serta pemberian imunisasi, sehingga tidak ada kejadian hal yang tidak diinginkan setelah pemberian vaksin.

“Setiap nakes mendapat SMS untuk registrasi yang menunjukan dimana layanan kesehatan dan waktu imunisasinya. Setiap sesi 15 orang, target perhari 45 orang yang mendaptkan vaksin. Sejauh ini sudah terdaftar kurang lebih 1800 nakes yang telah mengisi daftar kesediaan untuk divaksin,” tetangnya.

Dirinya menambahkan pihaknya tidak memaksa nakes dalam melakukan proses registrasi.

“Kembali pada nakes apakah melakukan registrasi atau tidak. Karena dalam proses registrasi itu ada persyaratan yang harus diisi oleh nakes. Kalau diterima maka bisa divaksin, itupun nanti saat akan divaksin diperiksa dulu kondisinya apakah bisa divaksin atau tidak, “tambah Marthen Rantetampang.

Vaksinasi tahap pertama diprioritaskan kepada para nakes maupun non nakes yang bekerja dilayanan kesehatan. Untuk tahap kedua diberikan pada TNI-Polri,ASN maupun pekerja pelayanan publik.(rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan