Satbrimobda Papua Barat Siagakan 1 Regu di Lokasi Banjir Sidey



Foto : Dansat Brimobda Papua Barat, Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa.

MANOKWARI, Nokennews.com – Satuan Brimob Polda Papua Barat, menyiagakan satu regu di Kampung Manggupi, Distrik Sidey, Kabupaten Manokwari.

Regu ini bertugas membantu penanganan pasca banjir bersama pihak terkait seperti BPBD dan pihak terkait.

Komandan Satuan Brimob Polda Papua Barat, Komisaris Besar Polisi Semmy Ronny Thabaa mengatakan satu regu berjumlah 10 personil dan ditempatkan di Kampung Manggupi, Distrik Sidey.

“Ada tiga shif, setiap dua hari personil diganti. Mereka standby di posko dan bersama instansi terkait lain membantu penanganan pasca banjir,” ujarnya, Selasa (7/1/2020) di Manokwari.

Selain Kampung Manggupi, personil Brimobda Polda Papua Barat bersama personil Polri di Sidey, juga memantau perkembangan penanganan pasca banjir di Kampung Werikon.

Foto : Personil Satbrimobda Papua Barat di Kampung Manggupi, Distrik Sidey, Manokwari.

“Di Werikon ada tanggul sepanjang 6 meter yang patah akibat terjangan longsor. Saya sudah koordinasi dengan Ka. BPBD Papua Barat,” terangnya.

Sebelumnya Brimob Polda Papua Barat, telah menyerahkan bantuan sembako dan air mineral di kampung Manggupi. Meski tak banyak, bantuan ini diharapkan mengurangi beban warga yang terkena dampak banjir.

“Di sana, warga kesulitan air bersih dan ada juga yang terserang penyakit. Kami siagakan personil untuk membantu sesuai arahan Kapolri,” ucap Semmy.

Berdasarkan hasil vicon dengan Kapolri juga, penanganan banjir secara terpusat di bawah BPBD, dengan melibatkan stakeholder teemasuk Polri, TNI, Basarnas dan pihak terkait.

Di sisi lain, Semmy menilai potensi banjir yang sama juga bisa melanda Kompleks Maduraja, Distrik Manokwari Barat. Pasalnya sistem drainase pembuangan dari pemukiman warga tak mmpu menampung debit air saat hujan deras.

“Saya sudah koordinasi dengan kepala BPBD Papua Barat. Karena dari tahun ke tahun, lokasi ini juga jadi langganan banjir,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan