SMPN 2 Manokwari Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional



Foto : Kepala SMPN 2 Manokwari, Magriet Pondajar (kedua dari kiri) bersama siswa-siswi dalam sebuah kegiatan.

MANOKWARI, Nokennews.com – Sekolah Menengah Pertaman Negeri 2 Manokwari, meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2019, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Manokwari, Magriet Pondajar, M.Pd mengatakan penghargaan Adiwiyata merupakan program yang fokus terhadap pendidikan dan lingkungan hidup.

“Intinya untuk menciptakan pola bagaimana anak sekolah mencintai lingkungan sekolah yang ramah, bersih, asri dan nyaman untuk belajar-mengajar,” ucapnya dibalik ponsel, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya banyak kriteria yang dinilai oleh pihak kementrian untuk penilaian kategori Adiwiyata Nasional. Dan, pihak sekolah sendiri mempersiapkan semua selama setahun.

“Selama persiapan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, sering datang ke sekolah untuk memantau dan membantu persiapan yang kami lakukan,” bebernya.

Usai mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional, kini SMP Negeri 2 Manokwari bersiap untuk program Adiwiyata Mandiri. Namun harus menggandeng beberapa sekolah binaan.

“Kami belum tentukan sekolah mana yang akan digandeng, tetapi kami siap menuju ke sana,” ujar Margriet yang sedang berada di luar Manokwari.

Foto : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Yonadap Sraun (tengah), memegang penghargaan Adiwiyata Nasional yang diraih SMPN 2 Manokwari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Yonadap Sraun mengungkap dua sekolah yang diusulkan untuk Adiwiyata Nasional adalah SMP Negeri 2 dan SD Sowi.

“Kebersihan sekolah salah satu aspek penting. Peraih Adiwiyata Nasional menjadi pionir bagi sekolah lain di Manokwari,” jelasnya.

Usulan SD dan SMP berasal dari DLH Manokwari, sedangkan DLH Provinsi mengusulkan SMA sederajat untuk penghargaan empat tahunan ini ke pusat.

“Sekolah yang sudah meraih Adiwiyata Naaional, akan didukung selanjutnya menuju program Adiwiyata Mandiri,” singkat Sraun.

Sebelumnya SMK Negeri 3 Manokwari, juga pernah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan