Sosialisasi Bijak Bermedsos Sasar Pelajar Manokwari



Foto : Penyerahan sertifikat sosialisasi Bijak Bermedsos bagi peserta.

MANOKWARI, Nokennews.com – Bijak bermedsos menjadi salah satu hal penting untuk menghindari penyebaran kabar bohong (hoaks) maupun informasi yang tidak mendidik.

Hal ini terungkap saat sosialisasi Bijak Bermedsos yang digelar Yayasan Citra Buana Luwu bagi 50 pelajar SMP Negeri 15 Manokwari, Kamis (9/1/2020).

Sosialisasi ini sengaja digelar untuk kalangan pelajar, karena dinilai sebagai salah satu pengguna aktif sejumlah platform media sosial. Dan, mereka mereka pun terlihat sangat antusias

“Jika tidak bijak sebagai pengguna, mereka bisa menjadi pihak yang menyebarkan. Itu sebabnya pelatihan ini digelar agar mereka dibekali pemahaman sekaligus daya tangkal,” ujar pemateri, Ismail Hammad.

Selain Ismail, yayasan ini juga menghadirkan Eka Sari, pegiat media sosial, sebagai salah satu narasumber dalam sosialisasi itu.

Menurut Ismail, kunci dari kebijaksanaan bermedia sosial adalah kemampuan pengguna memverifikasi kebenaran informasi yang disiarkan atau dibagikan.

Di sisi lain, pengguna juga mesti memperhatikan aspek-aspek etika dan moral di masyarakat. Misalnya, pada pornografi yang selain tabu juga merupakan sebuah pelanggaran.

“Hindari juga penyebaran isu SARA dan konten yang memuat kekerasan,” pesannya.

Senada pemateri lain, Eka Sari mengatakan kaum muda yang masih labil secara emosional memang sangat rentan. Terlebih  karena belum memiliki kecakapan literasi media.

“Setiap informasi yang masuk, apalagi yang sensasional tidak boleh langsung disebarkan. Dikroscek lebih dulu ya,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan