UPDATE Kebakaran di Pasar Wosi : Petugas Kesulitan Karena Hal Ini



Upaya pemadaman saat kebakaran terjadi di Pasar Wosi Manokwari, Kamis (25/2/2021) malam. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Upaya pemadaman kebakaran sejumlah bangunan di Pasar Wosi Manokwari, berlangsung hingga pukul 02.00 WIT tengah malam, Jumat (26/2/2021). Selain di tengah kondisi hujan, ada beberapa penyebab yang diduga kuat menyulitkan upaya pemadaman.

Salah satunya, petugas kesulitan mendapatkan sumber air di sekitar lokasi kebakaran. Upaya pemadaman dilakukan 3 AWC (Watercanon) milik Polda Papua Barat, Polres Manokwari dan Satuan Brimob Polda Papua Barat, dtambah 11 truk tangki air termasuk milik BPBD.

“Dari pengamatan sejauh ini, truk tangki harus ke luar lokasi untuk mengambil air. Minimnya sumber air dekat lokasi kebakaran menyulitkan upaya pemadaman,” beber Kabag Ops Polres Manokwari, AKP. Eduard M. Pandjaitan di lokasi kejadian.

Selain itu, ia juga menyebut kebiasaan warga yang ingin menyaksikan secara langsung di dekat lokasi kejadian, juga sedikit menghalangi petugas untuk bergerak. Belum lagi, kondisi sekitar lokasi yang cukup gelap karena kejadian berlangsung saat malam hari.

Hingga kini Polres Manokwari, masih menyelidiki kebakaran yang menghanguskan deretan gedung salah satunya Mirza Phone Cell di Pasar Wosi. Sejumlah data dan keterangan masih dikumpulkan sebagai bahan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran.

“Kita masih menyelidiki, apa penyebab utama dari kejadian ini,” terangnya.

Ia juga mengaku nyala api di salah satu toko yang menjual bahan makanan, cukup sulit dipadamkan.

“Di situ api mati kemudian menyala lagi, berlangsung sekitar enam kali. Dugan kuat, terdapat garam dalam jumlah yang banyak tetapi disemprot dengan AWC (watercanon),” paparnya.

Belakangan muncul isu jika kejadian ini menelan satu korban jiwa, namun Eduard menegaskan jika belum ada laporan seperti yang disebutkan.

Sebelumnya kebakaran hebat melanda Pasar Wosi Manokwari, Papua Barat, Kamis (25/2/2021) sekira pukul 23.30 WIT. Sejumlah bangunan tak luput dari amukan api.

Meski belum jelas penyebabnya, muncul dugaan kuat jika awal api berasal dari salah satu bangunan akibat hubungan arus pendek listrik. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan