Warga Antusias Ikut Rapid Tes Masal Perdana di Manokwari



Foto : Rapid tes massal perdana di Manokwari, Selasa (30/6/2020). Antusias warga sekitar lokasi Pasar Ikan Sanggeng, cukup tinggi. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Warga sekitar lokasi Pasar Ikan Sanggeng, Kabupaten Manokwari, sangat antusias mengikuti rapid tes massal, Selasa (30/6/2020). Kegiatan ini digelar Polda Papua Barat, bersama tim Gugus Tugas kabupaten Manokwari.

“Rapid tes ini untuk memastikan warga yang biasa beraktivitas di tempat publik, bebas dari Covid-19, salah satunya pasar ikan,” jelas Kabid Dokes Polda Papua Barat, Kombes Pol. dr. Sariman.

Sekira 300 orang yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Antusiasnya warga diakui sebagai hal positif atas kesadaran untuk memeriksakan diri melakui tes rapid.

“Kami apresiasi antusias warga Sanggeng, secara khusus warga Kompleks Pasar Ikan Sanggeng Manokwari, untuk ikut pemeriksaan rapid tes ini,” bebernya.

Pemeriksaan rapid tes secara massal ini disebut sebagai upaya mensterilkan para pedagang dari penularan Covid-19, sebelum masuk ke New Normal. Warga juga diimbau mengikuti protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Ini juga merupakan bagian dari kegiatan menyongsong HUT Bhayangkara ke-74, tanggal 1 Juli 2020,” paparnya.

Disisi lain, hasil pemeriksaan menyebutkan 299 orang dinyatakan non reaktif, sementara satu lainnya reaktif. Untuk memastikan, yang bersangkutan akan menjalani pemeriksaan Swab di Puskesmas Sanggeng.

Dengan melihat tingkat antusias warga yang cukup tinggi, Polda Papua Barat bersama yim Gugus Tugas berencana kembali menggelar kegiatan yang sama di tempat lain.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengaku pelalsanaan rapid tes masal di Manokwari, bisa saja dilakukan tergantung ketersediaan alat tes rapid yang dimiliki.

“Begitu juga daerah lain di Papua Barat, jika rapid tes massal harus dipastikan ketersediaan alat tes rapid. Berapa banyak yang dimiliki,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan