Panglima TNI dan Kabaintelkam Polri Dengar Beragam Hal Penting di Manokwari



Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw saat berada di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (3/42021). (snn/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyampaikan beberapa hal penting kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw saat berada di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (3/42021).

Beberapa hal yang disampaikan diantaranya, toleransi umat beragama dan kondisi keamanan di Papua Barat. Kemudian, upaya penanganan pandemi COVID-19 dan program pelayanan vaksinasi. Selanjutnya usulan mengenai percepatan pembangunan di Papua Barat.

Menurut gubernur, situasi Papua Barat sangat kondusif dan juga terkendali dengan sangat baik, termasuk perayaan hari besar keagamaan Paskah tahun 2021.

Kerukunan umat beragama juga sangat baik. Terbukti, indeks kerukunan antar umat beragama di Papua Barat, berada pada urutan pertama dengan rasio persentase 82,08 persen tahun 2019.

Hal ini diyakini tercipta berkat kehadiran TNI/Polri yang terus bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban.

Selanjutnya, mengenai penanganan kasus pandemi COVID-19 di Papua Barat, dengan trend kasus kesembuhan mencapai 93,0 persen. Meski begitu, tidak dipungkiri bahwa kasus positif juga masih ada.

Untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19, sejauh ini sebanyak 21.477 orang atau sekitar 57 persen di Papua Barat sudah divaksin dari target 37.60 orang. Ini belum termasuk lansia dan sebagainya sebanyak 61.440 orang dan baru divaksin 700 orang lebih.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga mengusulkan beberapa hal mengenai percepatan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Papua Barat. Diantaranya, mengusulkan penambahan kuota penerimaan anggota TNI/Polri melalui jalur Otonomi Khusus (Otsus), khususnya untuk angkatan Laut dan juga angkatan Udara.

Menurut Gubernur hal ini penting untuk peningkatan SDM dalam menanggulangi angka pengangguran dan kemiskinan di Papua Barat.

Juga meminta dukungan dan kerjasama dari TNI dan Polri dalam mensukseskan pendirian sekolah unggulan bagi generasi asli Papua.

Selanjutnya, memohon dukungan dan kerjasama TNI/Polri dalam percepatan akses tranportasi ke daerah terisolir dan mendukung program ketahanan pangan, serta kebutuhan lokal.

“Melalui kesempatan ini, kami (pemerintah Provinsi Papua Barat) berharap dukungan dari semua pihak agar Papua Barat tetap aman dan kondusif,” ucap Gubernur. (snn/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan