Mantap, Semua Pihak Ambil Bagian Tanam 3.500 Bibit Mangrove di Kaimana

DKP libatkan semua unsur tanam 3.500 bibit mangrove di Kaimana.

KAIMANA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua Barat menggerakan semua unsur mulai dari ASN, LSM, dewan adat hingga pelajar dalam penanaman 3.500 bibit pohon Mangrove di Kabupaten Kaimana, Selasa (10/10/2023) pagi tadi.

“Ini aksi yang luar biasa yang dilakukan DKP Papua Barat dalam melindungi wilayah pesisir san menjaga ekosistem Mangrove di Kaimana,” Ujar Bupati Freddy dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan, Luther Rumpombo.

Kata dia, mangrove menjadi habitat pemijahan dan perkembangan biakan jenis ikan dan biota laut lainnya. Mangrove juga mendukung perikanan komersial, lokal dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir seperti penyimpanan karbon, stabilisasi pantai, pengaturan iklim dan perlindungan badai dan mendukung pariwisata.

“Berdasarkan data KLHK tahun 2020,
Indonesia memiliki ekosistem Mangrove terbesar di Asean dengan luas 3.311.207,5 ha. Dari luasan itu, Papua memiliki jumlah ekosistem terbesar yamg tersebar dibeberapa wilayah salah satunya Kaimana,” ungkapnya.

Untuk itu, alam kata dia memerlukan tindakan nyata dalam menjaga dan melestarikan ekosistem Mangrove dengan kegiatan penyadaran kepada masyarakat untuk intens melakukan pembibitan, penanaman serta tidak merusak ekosistem yang ada.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *