Mentan Syahrul Yasin Limpo Kagumi Kesuburan Tanah di Manokwari

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat mengukur PH lahan Sawah di Kampung Desay, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Selasa (25/10). (Foto: ELS)

MANOKWARI – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengagumi tingkat kesuburan lahan sawah di Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari.

Ungkapan itu mengemuka saat pencanangan tanam padi masa ke dua bulan Bhakti Gotong-royong di Kampung Desay, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Selasa (25/10).

Di sela pencanangan, Menteri menyempatkan diri mengukur PH tanah di ladang sawah milik petani. Menurut dia, tingkat kesuburan tanah sangat tinggi

“Sangat tinggi, hasil ukuran PH kadar tanah mencapai angka 75. Artinya, para petani di sini tak membutuhkan pupuk karena lahannya sangat subur,” ujarnya.

Menurut dia, yang dibutuhkan saat ini adalah komitmen pemerintah daerah untuk mendukung petani lokal agar hasil panen padi sesuai dengan harapan.

Ia sangat yakin kolaborasi antara dukungan pemerintah daerah dan kerja keras petani nantinya mampu memajukan sektor pertanian di Manokwari.

Akselerasi ketahanan pangan di Papua dan Papua Barat, adalah salah satu perintah Presiden untuk penguatan ekonomi masyarakat.

“Disini tanahnya sudah subur, lahannya bagus, cuacanya juga. Tinggal komitmen dan tekad untuk mencapai tujuan,” singkatnya.

Dalam kunjungan ke Manokwari, provinsi Papua Barat, Menteri Syahrul Yasin Limpo juga membahas hal-hal penting terkait rencana pengembangan sektor pertanian bersama Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si. (ELS/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *