Menteri Monoarfa Kumpul Para Gubernur Bahas Isu Strategis Menuju Indonesia Emas

Foto: Rakor Kementerian PPN/Bappenas bersama para gubernur, Selasa (2/4/2024) di Jakarta. (IST/NN)

JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengurai sejumlah isu strategis menuju Indonesia Emas tahun 2045, seperti infrastruktur, pengembangan SDM.

Menurut dia target RPJMN jalan provinsi tahun ini harus mencapai 75 persen, kabupaten/kota 65 persen dan jalan nasional mencapai 100 persen. Bappenas menginisiasi pembentukan Inpres jalan untuk mencapai target.

Penyediaan air bersih rumah tangga masuk isu strategis, termasuk Gas Kota untuk daerah penghasil Gas yang harus dimanfaatkan.

“Tahun ini terbit Inpres air bersih untuk mendukung sambungan air ke rumah warga. Gas Kota untuk daerah yang memiliki gas,” sebutnya dalam Rakor bersama para gubernur, Selasa (2/4/2024) di Jakarta.

Manoarfa menyebut fokus kesehatan untuk masalah TBC, kusta dan stunting. Pembenahan mutu guru dan wajib belajar 13 tahun masuk isu pendidikan.

Sedangkan bidang industrialisasi masuk prioritas karena menyumbang kunjungan domestik.

“Dalam UU wajib belajar 9 tahun. Dalam perencanaan kita minta wajib belajar 13 tahun, 1 tahun pra dan 12 tahun selesai, kita ingin meningkat,” paparnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengaku kondisi objektif infrastruktur berpengaruh pada inflasi, khusus sektor penerbangan.

“Dasar pengelola program menuju Indonesia Emas 2045 itu, di dalamnya pelayanan dasar, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur,” sebutnya usai rakor.

Sederet program strategis akan meningkatkan sinergitas antar kementerian dan lembaga, dengan kepastian dukungan anggaran.

“Semua jadi informasi dan dikelola daerah. Seperti bandara Fakfak dan Manokwari, intensitas penerbangan, penumpang dan harga tiket yang membuat inflasi naik. Kita akan bahas kebijakan itu kemudian,” singkatnya.

(RLS/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *