Musisi Ditantang Bikin Lagu, Ketua Dekranasda PB: Jangan yang Galau Cinta

Ketua Dekranasda Papua Barat Roma Megawanti Pasiribu Waterpauw (tengah). Akan digelar lomba cipta lagu sambut Haornas 9 September 2023. (Foto: RED)

MANOKWARI – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Papua Barat, mengusung sejumlah agenda, salah satunya perlombaan Seni menyambut Hari Olahraga Nasional 9 September 2023.

Ketua Dekranasda Papua Barat Roma Megawanti Pasiribu Waterpauw, menggagas lomba cipta lagu tari Yosim Pancar (Yospan), Wayase bahkan lagu Hip Hop yang lagi ngetrend saat ini.

“Semalam kira rapat, saya usul lomba cipta lagu tapi temanya jangan yang galau-galau karena cinta,” terangnya usai membuka Gerakan KISAK dan pengobatan gratis di Manokwari, Rabu (7/9/2023).

Menurut dia, lomba cipta lagu mengusung tema tentang pendidikan, olahraga atau pelestarian alam, lingkungan dan juga budaya.

Ia menyebut banyak penari berbakat yang sering tampil di perlombaan Yospan dan juga Wayase. Sedangkan peminat musik Hip Hop sebagian besarnya adalah kaum milenial.

“Hanya saja mayoritas liriknya yang galau karena cinta. Saya mau kita coba hadirkan sesuatu yang positif, yang lirik lagunya mengajak kita untuk optimis, bukan galau,” sebut Roma.

Contohnya lagu berlirik pendidikan, bagaimana memulai bahkan berjuang hingga sukses. Atau lirik lagu bertema pelestarian alam mengingat alam Papua yang begitu kaya akan SDA.

Tambah dia, rapat itu juga membahas persiapan Dekranasda Papua Barat untuk ambil bagian dalam Rakernas sekaligus pameran Dekranas daerah.

“Untuk yang ini nantinya saya koordinasi dengan ketua Dekranasda Manokwari, apa yang kita bawa ke sana, termasuk kelompok tari nantinya,” singkat Roma.

Dekranas sebagai organisasi yang menghimpun pecinta dan peminat seni, juga memayungi sekaligus mengembangkan produk kerajinan dengan pelaku bisnis diantaranya UMKM.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *