Lawan Corona, Inovasi New Normal Daerah Terbaik Dapat 3 M



Foto : Aktivitas Pasar Wosi di Manokwari, Papua Barat. Pasar tradisional jadi salah satu kriteria lomba Inovasi New Normal di Indonesia. (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Pemerintah pusat melalui Kemendagri, menggagas sebuah perlombaan yang mengajak daerah menciptakan inovasi melawan Covid-19. Perlombaan ini bertema Inovasi New Normal, dalam bentuk cuplikan video.

Perlombaan ini memiliki syarat penerapan protokol kesehatan pada 7 sektor publik. Diantaranya, Pasar tradisional, pasar moderen, hotel, rumah makan, tempat wisata, PTSP dan transportasi.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manokwari, Bondan Santoso mengatakan setiap daerah di Indonesia, diajak untuk berpartisipasi. Hadiah pun cukup menggiurkan, juara I Rp.3 Miliar, juara II Rp.2 Miliar dan juara III Rp.1 Miliar.

“Lomba lebih kepada bagaimana daerah menjalankan protokol kesehatan, terutama pada 7 sektor tempat publik,” jelasnya, Selasa (2/6/2020) di Manokwari.

Kabupaten Manokwari, siap berpartisipasi ambil bagian lomba yang dimulai hingga 7 Juni 2020. Selain membentuk tim, sejumlah lokasi ditentukan sebagai spot pengambilan gambar.

“Cuplikan video dari setiap sektor selama 1,5 menit, dengan aktivitas warga di area publik,” bebernya.

Hasil cuplikan video dari sektor yang dimaksud, kemudian dikirim ke Jakarta. Penilaian oleh panitia tanggal 8-12 Juni 2020.

Menurutnya tujuan perlombaan Inovasi New Normal untuk membiasakan penerapan protokol kesehatan yang benar-benar efektif di daerah. Dengan demikian, cara ini diharapkan membentuk pola hidup sehat bagi masyarakat.

“Tidak hanya untuk lomba, kita berusaha maksimal agar masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan di area publik,” ungkap Bondan.

Ini juga sekaligus membiasakan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan, sekaligus sebagai persiapan Manokwari menghadapi New Normal nantinya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan