Pemuda Pabar Tampilkan Tarian Penyambutan di Festival Budaya JPI 2020



Pembekalan duta pemuda Papua Barat, menuju Jambore Pemuda Indonesia (JPI) digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat. (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Sedikitnya 14 pemuda asal provinsi Papua Barat, turut serta ambil bagian dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Desember 2020. Kegiatan secara virtual ini digagas Kemenpora RI, dengan melibatkan 500 duta pemuda dari 34 provinsi di Indonesia.

Peserta Jambore Pemuda Indonesia, merupakan hasil seleksi dari tingkat Kabupaten/Kota, yang kemudian dipilih 14 orang untuk mengikuti kegiatan di tingkat nasional.

Beragam kegiatan dalam JPI diantaranya, bhakti sosial pemuda, pengembangan ekonomi kreatif, seminar kebangsaan dan festival budaya serta potensi daerah yang digelar dari pertengahan tahun hingga Desember 2020 serentak se-Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat, Hans Lodewyk Mandacan mengungkap 14 duta Papua Barat, merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.

“Kalau mau dihitung sebenarnya banyak, jumlahnya hingga ribuan. Tetapi yang dipilih adalah duta terbaik,” paparnya melalui rilis tertulis, Senin (28/12/2020).

Duta pemuda Papua Barat, menampilkan Tarian Penyambutan berlatar belakang Situs Pekabaran Injil di Pulau Mansinam. (Istimewa)

Hans mengaku peran pemuda sangat penting dalam mensukseskan pembangunan di Papua Barat. Dan, berharap ilmu serta pengalaman yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk membangun di kemudian hari.

Para duta pemuda Papua Barat, menampilkan tarian penyambutan dalam rangkaian acara festival budaya daerah di ajang JPI. Tarian ini merupakan budaya turun temurun untuk menyambut tamu yang berkunjung ke Papua.

Asisten Deputi Bidang Peningkatan Wawasan Pemuda, Arifin Majid, mengatakan JPI sebagai wahana pemuda untuk saling mengenal dan mempromosikan budaya daerah.

“Duta Pemuda Papua Barat, membawa pesan persatuan melalui tari penyambutan tamu. Ini menandakan pemuda Papua Barat menyambut hangat rekan-rekan pemuda lainnya dari seluruh Indonesia,” bebernya.

Jambore Pemuda Indonesia, diyakini pula sebagai sarana dalam meningkatkan wawasan dan kreativitas pemuda, serta memberi nilai cinta tanah air melalui kebudayaan dan potensi muatan lokal daerah.

Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Faisal Abdullah menambahkan, duta pemuda adalah agen pemersatu bangsa yang diharapkan menjaga persatuan dan kesatuan di tengah Pandemi COVID-19. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan