Nelayan Kaimana Dilatih Untuk Terampil Gunakan Alat Tangkap

Pelaksanaan Bimtek SKN dan SKPI bagi nelayan di Kabupaten Kaimana.

KAIMANA – Dinas Kelautan dan Perikanan, menggelar Bimbingan Teknik Sertifikat Kecakapan Nelayan (SKN) dan Sertifikasi Penanganan Ikan (SKPI) bagi nelayan di Kabupaten Kaimana.

Kabid Penangkapan pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kaimana, Joice Nanggewa mengatakan, Kegiatan itu merupakan upaya menyiapkan perangkat sertifikasi bagi nelayan kecil agar lebih terampil dalam menggunakan alat tangkap.

“48 orang nelayan kami libatkan dalam kegiatan ini dengan menghadirkan 25 narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat yang bekerjasama dengan Gef dan WWFWWF,” terang Joice di aula Kantor Perikanan dan Kelautan, Selasa (15/8/2023).

Kata dia, kegiatan itu dilaksanakan secara serentak dibeberapa kampung dalam wilayah Kaimana yakni, Kampung Coa, Kampung Waho, Kampung Sumun, Kampung Kokoroba.

“Makanya banyak narasumber yang terlibat. Peserta juga diajarkan bagaimana cara penggunaan safety atau alat penyelamatan saat berada dilaut apalagi saat musim timur seperti ini, “ungkapnya.

Dia berharap setelah mengikuti materi itu, kapasitas dan keterampilan nelayan dapat meningkat serta dapat terwujudnya nelayan kecil yang terampil dalam mendukung implementasi kebijakan penangkapan ikan terukur dan pengembangan kampung nelayan maju yang ditargetkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *