Papua Barat Bisa Gelar Kejuaraan Voli Pantai Tingkat Asia Bahkan Dunia

Venue Voli Pantai untuk Sirkuit Nasional Seri I Papua Barat 2023 di Pantai Petrus Kafiar Amban Manokwari. Selanjutnya bisa digelar kejuaraan tingkat Asia bahkan dunia. (Foto: RED)

MANOKWARI – Sirkuit Nasional (Sirnas) Voli Pantai Seri I 2023 diawali dari Pantai Petrus Kafiar Amban, Manokwari, Papua Barat. Sejumlah tim berisi pemain nasional siap hadir saat pertandingan 9 Juli 2023.

Bidang Bina Prestasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Roy Letlora mengatakan kesuksesan Sirnas nanti, bisa memacu level pertandingan Asia dan dunia.

“Aturan dan hadiahnya sama, kalau Sirnas sukses, Papua Barat bisa menggelar pertandingan voli tingkat Asean bahkan bisa saja tingkat dunia,” sebutnya Minggu (18/6/2023).

Hanya saja kualitas pasir yang harus ditinjau kembali sebab membutuhkan persetujuan FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

“Kalau untuk sekelas Sirnas bisalah pasir seperti yang saat ini disiapkan di Pantai Petrus Kafiar Amban. Tapi butiran pasir harus lebih kasar agar kaki pemain tertanam, itu baru bisa untuk iven Asia atau kejuaraan dunia,” bebernya.

Dari pengalaman pria yang juga mantan atlit voli nasional ini, venue yang kini dalam tahap pengerjaan di pantai Petrus Kafiar Amban dinilai memenuhi kualifikasi standar lapangan internasional.

Roy Letlora, Bidang Bina Prestasi PBVSI. (Foto: RED)

“Empat lapangan memenuhi kualifikasi untuk gelaran kejuaraan level Asia dan dunia. Ditambah lagi view yang bagus dan rindang dengan banyak pepohonan,” ucapnya lagi.

Selama berkeliling dunia, termasuk di kejuaraan Asia Pasifik seri Bintang Tiga di Thailand bahkan Sea Games Vietnam 2023, ia menilai lapangan voli Pantai di Manokwari adalah yang terbaik.

Roy menyebut kejuaraan voli Pantai selanjutnya entah Asia bahkan dunia bisa digelar di Manokwari, Papua Barat.

“Pertama, Sirnas sukses. Kemudian kita kirim sampel pasir ke Ketua FIVB di Thailand. Jika disetujui, siap-siap Papua Barat gelar kejuaraan dengan level lebih tinggi seperti yang saya sebutkan sebelumnya,” akunya.

Dengan demikian lapangan yang disiapkan saat ini akan diakali dengan menimbun sekitar 20-40 cm butiran pasir yang lebih kasar dan berwarna kuning keputihan.

“Pasir yang saya maksud seperti yang ada di pantai pasir putih,” singkatnya.

Wacana itu bisa terwujud karena Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (purn) Paulus Waterpauw merupakan Wakil Ketua I PBVSI saat ini.

(RED/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *