100 Putra Pilihan Papua Barat Tempuh Pendidikan di P2TIM Bintuni



Foto : Siswa Pusat Pelatihan Teknik Industri Minyak dan Gas Kabupaten Teluk Bintuni (P2TIMTB), usai orientasi awal, Sabtu (29/2/2020). (Dok.P2TIM Teluk Bintuni)

BINTUNI, Nokennews.com – Seratus putra asli Papua pilihan dari berbagai daerah di Papua Barat, tercatat sebagai siswa baru Pusat Pelatihan Teknik Industri Minyak dan Gas Kabupaten Teluk Bintuni (P2TIMTB).

Angkatan ke enam yang akan pendidikan industri Migas selama kurang lebih 100 hari ini, dibiayai Pemkab Teluk Bintuni dan dibina Petrotekno Technical School.

Penerimaan siswa baru diawali pemeriksaan berupa tes alkohol, pemeriksaan barang bawaan dan kerapian rambut. Orientasi siswa ini bertujuan mengenalkan lingkungan pelatihan termasuk rambu-rambu keamanan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Teluk Bintuni, Yulius Bandi mengingatkan peserta harus membuktikan diri mampu bersaing menjadi lulusan hebat.

“Kalian harus bersatu untuk maju. Buktikan kalian itu bisa dan tidak terbelakang. Katakan saya anak Indonesia yang hebat,” pesannya, Sabtu (29/2/2020).

Pendidikan ini merupakan lanjutan angkatan sebelumnya (5) yang dibuka P2TIM bersama Petrotekno, dengan harapan anak Papua yang handal di sektor industri minyak dan gas.

“Saya cita-cita bekerja di migas. Mau kuliah tapi tidak ada biaya. Saya ingin memenuhi kebutuhan keluarga,” aku Anwar Bao, siswa asal Distrik Yakora.

Senada, Arwan Arafik, bermimpi membangun Babo kelak usai lulus pendidikan P2TIM. Tak ada kata terlambat dari pria yang pernah bekerja sebagai tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Distrik Babo ini.

Papua Barat memiliki sumber daya minyak dan gas yang melimpah. Sekitar 23,7 Triliun kaki kubik cadangan gas bumi tersimpan di Bintuni.

Inisiasi Pemkab Teluk Bintuni ini bisa menjadi program percontohan bagi daerah lain yang mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah.

Dengan pelatihan yang tepat, pengembangan sumber daya manusia dalam pengelolaan industri, adalah sebuah keniscayaan. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan