104 Kasus Demam Berdarah di Kaimana, Otto : Saya Belum Terima Laporan



Foto : Otto Parorongan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kaimana, mencapai 104 kasus. Jumlah ini merupakan akumulasi dari bulan Januari hingga Maret 2020.

Data terakhir dari RSUD Kaimana, mengungkap tersisa dua pasien yang masih dirawat hingga Senin (16/3/2020) lalu.

“Benar, saat ini tinggal dua pasien DBD yang masih dirawat di RSUD Kaimana,” ujar Dirut RSUS Kaimana, dr.Joulanda Mentang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan mengaku belum menerima laporan data DBD dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana.

“Saya belum dapat informasinya, tetapi nanti saya cek lagi apakah sudah masuk atau belum,” terangnya di Manokwari, Rabu (18/3/2020).

Menurut dia, salah satu penyebab meningkatnya penderita DBD karena lingkungan tempat tinggal masyarakat yang tidak bersih.

“Masyarakat harus menjaga lingkungan agar tetap bersih, terutama daerah perlindungan nyamuk seperti genangan air,” jelasnya.

Ia mengingatkan selokan serta drainase tempat genangan air harus rutin dibersihkan. Jika perlu memelihara ikan pemakan telur nyamuk di kolam yang penuh dengan genangan air.

Selain itu, langkah rutin yang dilakukan Dinas Kesehatan adalah dengan melakukan fogging ke pemukiman warga atau ke lokasi yang terdapat kasus DBD.

“Kalau ada informasi terkait meningkatnya penderita kesehatan, cepat informasikan sehingga ada tindakan yang efektif,” singkatnya. (ani/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan