144 Organisasi Sipil di Pabar Terdaftar, Kesbangpol : yang Belum Ditunggu



Kasubid Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Papua Barat, Margaretha R Da Lopez. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik provinsi Papua Barat, mencatat 144 organisasi sipil yang telah terdaftar secara resmi. Ini terdiri atas 108 organisasi masyarakat (Ormas) dan 36 yayasan.

Masa berlaku telah terdaftar baik untuk ormas dan yayasan berlaku untuk lima tahun dan setelah itu wajib diperpanjang.

“Setelah lima tahun, mereka wajib melaporkan kembali SKT (Surat Keterangan Terdaftar) ke kita,” jelas Kasubid Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Papua Barat, Margaretha R Da Lopez, Selasa (9/3/2021).

Sesuai Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 57 tahun 2017 tentang Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan, Kesbangpol mendata organisasi yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Sedangkan yang berbadan hukum seperti yayasan, SKT-nya diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM. Meski demikian, yayasan juga wajib melaporkan keberadaan ke Kesbangpol.

“Organisasi yang melapor ke kita, pasti ditindaklanjuti dengan verifikasi lapangan. Kita mengecek sekretariat dan hal lainnya sebelum menerbitkan SKT,” terangnya.

Terdapat pula sejumlah syarat sesuai Permendagri, diantaranya sekretariat wajib disertai papan selubung organisasi dan domisili dari kelurahan dan SK serta ADRT.

Kehadiran sebuah organisasi dan yayasan, tidak dilarang oleh pemerintah sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.

“Kami minta setiap organisasi yang muncul di tengah masyarakat, sebaiknya melaporkan untuk kemudian didata,” kata Margaretha lagi.

Di sisi lain, pembinaan organisasi masyarakat kembali disesuaikan dengan kondisi keuangan pemerintah daerah. Ini sesuai dengan Permendagri 123 tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos.

“Kendati demikian, ada persyaratannya juga, yaitu minimal sudah terdaftar 3 tahun,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan