2 Distrik di Raja Ampat Masuk Lokpri BNPP RI



Foto : Rapat Koordinasi BNPP RI bersama Pemkab Raja Ampat di aula Wayag, Kantor Bupati Raja Ampat, Kamis (13/2/2020).

WAISAI, Nokennews.com – Dua distrik di Kabupaten Raja Ampat, kini masuk lokasi prioritas (Lokpri) program pembangunan kawasan perbatasan.

Lokpri merupakan program prioritas pembangunan kawasan oleh Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI).

Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat, Edy Suprianta mengungkap 187 Lokpri BNPP RI Tahun 2019, kini meningkat menjadi 222.

Penambahan jumlah Lokpri Tahun 2020, berdasarkan inisiatif Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Distrik Ayau dan Kepulauan Ayau di Kabupaten Raja Ampat, termasuk dalam Lokpri untuk program pembangunan kawasan perbatasan,” jelasnya saat rapat koordinasi bersama Pemkab Raja Ampat di aula Wayag, Kantor Bupati Raja Ampat, Kamis (13/2/2020).

Menurut Suprianta, rapat koordinasi sebagai penguatan usulan perencanaan dan penganggaran program perbatasan BNPP RI. Distrik Ayau dan Kepulauan Ayau, memiliki potensi besar dan masuk perhatian pemerintah.

Sekretaris Daerah Raja Ampat, Dr. M. Yusuf Salim M.Si menyambut baik perhatian BNPP RI terhadap dua distrik kawasan perbatasan Raja Ampat tersebut.

Rapat koordinasi BNPP RI dan Pemkab Raja Ampat, diharapkan menghasilkan kebijakan dan program konkrit pada kawasan strategis nasional Ayau dan sekitarnya.

Kedua distrik ini diyakini berkembang dan menjadi daerah yang maju, secara tidak langsung pembangunan dapat mengurangi dan mencegah kapal asing yang mengancam kedaulatan bangsa.

“Karena dua daerah ini, menurut kami memiliki potensi yang lebih kaya dibandingkan kawasan terluar lainnya di Indonesia,” papar Salim. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan