7 Bulan Lagi,103 Perwira OAP Hadir di Polda Papua Barat



Sidang kelulusan Sekolah Inspektur Kepolisian (SIP) angkatan ke-50 Polda Papua Barat, Rabu (10/3/2021). (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Polda Papua Barat, mengirim 103 calon perwira orang asli Papua (OAP) untuk menempuh pendidikan pada Sekolah Inspektur Kepolisian (SIP). Mereka bertolak Jumat (12/3/2021) menuju Sukabumi Jawa Barat.

Ke-103 calon perwira ini terdiri atas 56 OAP klasifikasi golongan A dan B yang orang tuanya merupakan OAP dan salaj satu dari ayah atau ibu adalah orang asli Papua. Kemudian 47 calon perwira polisi jalur SIP klasifikasi C atau Orang Non Papua yang lahir besar di Papua.

Dari 209 peserta yang mengikuti seleksi, 150 orang dinyatakan lulus dan 103 diantaranya merupakan calon perwira OAP. Mereka akan menempuh pendidikan selama 7 bulan.

Para calon perwira OAP angkatan ke-50 Polda Papua Barat. (Istimewa)

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing berpesan calon perwira asli Papua memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar sebaik mungkin.

“Belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh. Jaga nama baik Polda Papua Barat, dengan tidak membuat pelanggaran selama pendidikan,” ujarnya saat sidang kelulusan seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Polda Papua Barat, Tahun 2021, Rabu (10/3).

Para Calon perwira orang asli Papua saat mengikuti Sidang Kelulusan di Polda Papua Barat, Rabu (10/3/2021). (Istimewa)

Kapolda juga berterima kasih kepada Gubernur, MRP dan DPR Papua Barat, yang ikut mendorong sehingga nantinya Polda Papua Barat memiliki banyak perwira OAP.

Program ini sejalan dengan rekrutmen 1.500 bintara Noken, yang hingga kini masih dalam proses persiapan. Dengan demikian, 7 bulan lagi akan hadir 103 perwira orang asli Papua di Polda Papua Barat. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan