9 Mahasiswa Pabar yang Pulang dari China Tak Terjangkit Virus Corona



Foto : Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Foto : Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

MANOKWARI, Nokennews.com – Sembilan mahasiswa asal Papua Barat yang dipulangkan pemerintah Indonesia dari Provinsi Wuhan, China, akan tiba di Sorong.

Para mahasiswa Papua Barat ini, tergabung bersama ratusan WNI yang dipulangkan dari China akibat merebaknya Virus Corona. Mereka dijadwalkan tiba di Kepulauan Natuna, Sabtu (15/2/2020) hari ini.

“Mereka yang pulang ini semua dipastikan tidak terjangkit virus corona. Jadi, masyarakat jangan menolak kepulangan mereka,” ujar Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, saat peringatan hari pers lokal di Manokwari.

Menurutnya pemerintah pusat sudah melakukan berbagai upaya pencegahan, terutama mensterilkan mereka yang dipulangkan dari China, agar benar-benar tidak terjangkit virus corona.

Setiap wisatawan asing yang masuk ke Indonesia, dipastikan harus melewati pemeriksaan kesehatan yang ketat. Seperti di setiap bandara internasional misalnya Soekarno-Hatta dan bandara Ngurah Rai Bali.

Meski demikian, OPD terkait dan instansi teknis di Papua Barat, diimbau tetap mewaspadai serta pro aktif melakukan pemeriksaan ketat di setiap bandara maupun pelabuhan kapal.

“Meski peralatan kita terbatas, tetapi kita harus waspada. Setiap WNA yang masuk Papua Barat harus diperiksa,” terang gubernur.

Dari data dan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, sedikitnya sekira 1.300-an orang meninggal akibat terjangkit virus corona. Sementara 6.000-an orang berhasil disembuhkan.

“Ratusan WNI yang pulang termasuk mahasiswa Papua Barat ini, sampai di Natuna juga diperiksa lagi. Pemerintah memastikan dan menjamin tak ada diantara mereka yang terjangkit virus corona,” papar gubernur.

Pemeriksaan ketat, sambungnya, juga dilakukan seluruh bandara dan pelabuhan kabupaten/kota di Papua Barat.

“Kita berdoa, semoga kita di Papua Barat tetap aman dari virus Corona ini,” singkatnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan