Ancaman Gelombang III COVID-19 Diambang Libur Nataru



Salinan Instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan penanggulangan COVID-19 saat Natal dan Tahun Baru 2022. (Istimewa)

MANOKWARI – Satuan Tugas penanganan COVID-19 tingkat pusat hingga daerah, diinstruksikan sigap menghadapi dua agenda tahunan, Natal dan Tahun Baru 2022.

Terdapat lima hal penting sesuai Instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan penanggulangan COVID-19 saat Natal dan Tahun Baru 2022.

Diantaranya, mengaktifkan kembali Satgas COVID-19 hingga tingkat kelurahan dan rukun tetangga (RT), mempercepat capaian vaksinasi hingga akhir Desember 2021 dan meningkatkan koordinasi bersama forum komunikasi pimpinan daerah.

Masyarakat diimbau tidak mudik atau bepergian jika tak ada kepentingan mendesak saat libur Nataru termasuk mengetatkan pelaku perjalanan dan juga pekerja migran Indonesia.

Lokasi yang menjadi pusat perkumpulan banyak orang seperti gereja, mall dan tempat wisata menjadi perhatian serius, pengetatan serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dalan instruksi Mendagri juga disebutkan pihak sekolah tidak memberikan libur khusus dan pembagian raport semester dilakukan Januari 2022. Sementara ASN, TNI-Polri dan karyawan swasta dilarang mengambil cuti.

Satu poin penting lainnya adalah pelarangan konvoi malam tahun baru untuk semua wilayah di Indonesia, termasuk kegiatan kegiatan old dan new year baik terbuka maupun tertutup guna menghindari kerumunan.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, S.Sos, MM sebelumnya mengatakan potensi melonjaknya bencana non alam (COVID) bisa terjadi jika tidak diantisipasi dengan baik.

Libur Nataru, sebutnya bisa menjadi ancaman terhadap lahirnya gelombang ke tiga COVID-19 setelah gelombang ke dua Juli lalu di Papua Barat.

“Potensi gelombang ke tiga tetap ada. Perkuat semua lini dan jangan anggap remeh karena sekarang lagi melandai,” sebut Ampnir.

Patut diwaspadai, gelombang ke tiga COVID-19 dengan jenis varian virus baru bisa saja meledak usai libur Nataru. (red/nn)

Author

admin

Tinggalkan Balasan