Antisipasi Covid-19, Rute KM.Nggapulu ke Kaimana dan Fakfak Dibatalkan



Foto : KM.Nggapulu saat sandar di pelabuhan laut Kaimana belum lama ini. (Dok.Istimewa)

KAIMANA, Nokennews.com – PT. Pelni cabang Kaimana, membatalkan jadwal KM. Nggapulu ke daerah tersebut. Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi terhadap penyebaran Covid-19. Apalagi kapal yang dimaksud, bertolak dari pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta.

Kepala PT. Pelni Cabang Kaimana, Budi Wibowo mengatakan keputusan tersebut diambil meski belum ada jawaban dari PT. Pelni pusat.

“Kami tindaklanjuti surat Bupati ke pusat karena memang harus diantisipasi. Memang belum dijawab pusat, tetapi ini harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan Corona di Kaimana,” ujarnya via ponsel, Rabu (25/3/2020).

Sementara, pengembalian 100 persen akan dilakukan bagi penumpang yang sudah terlanjut membeli tiket kapal. Pembatalan ini juga berimbas ke calon penumpang dari Kaimana menuju Fakfak.

“Memang KM. Nggapulu masih berada di Jakarta, tetapi kita duluan mengambil langkah antisipasi. Kita terus berkoordinasi,” paparnya.

Namun tidak demikian dengan KM. Tidar yang sandar di pelabuhan laut Kaimana, Rabu pagi. Pemeriksaan ketat oleh petugas kesehatan tetap dilakukan terhadap penumpang.

Di sisi lain masyarakat Kaimana mengaku resah dengan masuknya orang baru, baik melalui pelabuhan laut dan bandar udara.

“Dalam kondisi seperti ini, akses masuk lewat pelabuhan laut cukup berpotensi membawa virus. Ada baiknya dibatasi karena masyarakat cukup khawatir,” ujar Lewi, warga Kroy.

Jalur transportasi udara juga harus dibatasi bahkan bila perlu ditutup sebagai langkah pencegahan yang dinilai tepat untuk menghalau penyebaran Covid-19 di Kaimana. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan