Bank Milik GKI Segera Launching di Tanah Papua



Foto : Ketua Sinode GKI se-Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th.

MANOKWARI, Nokennews.com – Bank Perkreditan Mitra Pelita, akan segera dilaunching Sinode GKI di Tanah Papua, saat Raker di Maybrat Tahun 2020.

Ketua Sinode GKI se-Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th mengatakan bank ini hadir sebagai solusi memberdayakan masyarakat Papua secara ekonomi, melalui ajuan pelayanan pelipat ganda talenta dalam nasihat Akitabiah.

“Salah satu item yang menjadi perhatian sinode saat ini adalah pemberdayaan ekonomi, artinya Gereja perlu mencari cara untuk memberdayakan jemaat agar mandiri secara ekonomi,” ujarnya saat ditemui, Senin (4/1/2020) di Manokwari.

Kehadiran bank, disebut memudahkan akses pinjaman berupa kredit, sekaligus sebagai peluang dan menjawab kebutuhan jemaat dengan usaha ekonomi kreatif serta mikro.

Mofu menjelaskan, gereja tidak bisa memberikan bantuan diakonis terus-menerus karena tidak mendidik jemaat untuk berkembang. Kehadiran bank sebagai bantuan jaminan dalam bentuk investasi.

“Agar jemaat miliki tanggung jawab untuk mengembangkan usaha dan mengembalikan modal. Hal ini sejalan dengan nasihat alkitabiah tentang pelipatgandaan talenta,” terangnya.

Ijin usaha bank pengkreditan ini keluar Tahun 2020 dan diharapkan masuk bahasan Raker IV di Maybrat, sekaligus launching perdana.

Mofu mengaku sudah 5 klasis yang bergabung, diantaranya Klasis Manokwari, Sorong, Biak, Jayapura dan Timika.

“Pemegang saham mayoritas dalam bank Mitra Pelita atau Bank Perkreditan ini adalah Sinode GKI di Tanah Papua,” ungkapnya.

Disisi lain, belanja gaji pegawai GKI mencapai Rp.12 Miliar per bulan. Tahun ini, total pegawai palayan GKI mencapai 1.723 orang, sementara 684 orang diantaranya akan pensiun. Dengan demikian belanja pegawai berkisar antara Rp.8, 7 Miliar.

“Direncanakan akan menambahkan 300 pegawai, maka menambah beban angggaran 2 Miliar rupiah lagi,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan