Belum Ada Pasien Positif Corona di Papua Barat

Hasil Spesimen Diumumkan Pekan Depan



Foto : Rapat Forkopimda bersama Pemprov Papua Barat, Selasa (24/3/2020) di Kantor Gubernur.

MANOKWARI, Nokennews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat mengungkap belum ada pasien positif Corona di Papua Barat. Sementara, hasil 15 spesimen yang dikirim ke Balitbang Kemenkes RI, akan diumumkan pekan depan.

“Sampai hari ini 63 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 6 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sudah 15 spesimen dikirim dan kita tunggu hasilnya,” jelas Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Selasa (24/3/2020) di Manokwari.

Senada, Juru Bicara Satgas Covid -19 , dr. Arnoldus Tiniap menerangkan, ODP seluruhnya berjumlah 107 orang, namun 44 orang sudah dinyatakan bebas sesuai masa waktu observasi 14 hari.

Sementara 63 orang masih dalam proses pengawasan yang terdiri dari Kota Sorong 21 orang, Manokwari 4 orang, Kabupaten Sorong 17 Orang, Fakfak 14 Orang, Raja Ampat 2 Orang, Teluk Wondama 5 Orang dan Manokwari Selatan 1 Orang.

“Mereka yang berstatus ODP adalah orang yang baru tiba dari daerah-daerah yang sudah positif Covid-19,” ungkap dr.Arnold.

Sementara, untuk 15 Spesimen yang dikirim, 2 diantaranya berasal dari Manokwari dan 13 dari Kota Sorong.

Tiniap menambahkan, sebanyak 200 Alat Pelindung Diri (APD) untuk para medis telah dibagikan kepada 14 Rumah sakit di Papua Barat. Meski dalam jumlah sedikit, Pemprov mengusulkan kabupaten/kota juga bisa menyiapkan sendiri.

Selanjutnya, untuk Kabupaten Pagaf dan Mansel agar pasien yang mengalami gejala serupa dengan Covid-19, dirujuk ke RSUD ke Manokwari, Sementara Maybrat dan Tambrauw dirujuk ke Kota Sorong. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan