BI Papua Barat Kembangkan Sauwandarek Jadi Desa Wisata Raja Ampat



Foto : Jembatan panjang di Desa Sauwandarek Raja Ampat. Lokasi ini dikembangkan BI Perwakilan Papua Barat menjadi desa wisata.

MANOKWARI, Nokwennews.com – Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat, menjadikan Kampung Sauwandarek Distrik Meos sebagai desa pariwisata di Kabupaten Raja Ampat.

Ini sebagai bentuk kepedulian BI Perwakilan Papua Barat, mendorong penerimaan devisa negara, sekaligus menekan Current Account Devisit (CAD) melalui peningkatan sektor pariwisata.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Donny H. Heatubun mengaku pemilihan Raja Ampat sebagai lokasi pengembangan desa wisata, berdasarkan peningkatan data kunjungan wisata.

“Kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara setiap tahun meningkat sejak tahun 2012,” jelasnya, Sabtu (29/2/2020) via rilis tertulis.

Berdasarkan data BPS Kabupaten Raja Ampat, kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2018 mencapai 79% dari total wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat.

Kampung Sauwandarek merupakan salah satu lokasi spot diving maupun snorkeling yang diminati wisatawan. Ada sekitar 100-150 wisatawan yang berkunjung setiap harinya.

Namun, dengan kunjungan sedemikian rutin itu, sarana pendukung di lokasi tersebut seperti dermaga dan fasilitas pendukungnya belum memadai.

“Rencana dan pembangunan fasilitas pendukung dimulai tahun 2019, seperti dermaga apung, gapura, toilet wisata dan tower penampung air,” terangnya.

Di tahun 2020, BI Perwakilan Papua Barat akan berencana membangun dermaga apung, shelter, lapak UMKM, dan perbaikan dermaga lama yang tidak layak digunakan lagi.

Pengembangan desa wisata merupakan tindak lanjut dari hasil identifikasi tim Bank Indonesia dan Dinas Pariwisata Raja Ampat.

Diharapkan menjadi stimulus bagi pemda dan lembaga lain dalam bersinergi guna mendorong pariwisata di Papua Barat dengan mengusung konsep eco tourism dengan tetap mengedepankan kelestarian alam di lokasi objek wisata. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan