Bupati Fredi : Tanah Papua Bukan Tempat Pengasingan ASN Malas



Bupati Kaimana, Fredi Thie (kiri), dalam sebuah kesempatan di Kaimana, Papua Barat. (ren/nn)

KAIMANA – Pernyataan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang mengancam akan memindahkan ASN malas ke Papua, mendapat beragam tanggapan belakangan ini. Salah satunya, Bupati Kaimana, Fredi Thie.

“Pernyataan itu menyakiti hati rakyat Papua. Tanah Papua bukan tempat pembuangan ASN yang malas dan kerjanya tak becus,” terang bupati, Rabu (14/7/2021).

Lewat rilis tertulis, Fredi menyebut pernyataan Menteri Risma kontraproduktif dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020, Tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

“Salah satu poin nya adalah membangun SDM yang kompetitif dan berdaya saing di Tanah Papua, kenapa malah mau dibuang ASN malas ke sini,” tanya bupati.

Ia berharap segera ada klarifikasi dan permintaan maaf terbuka dari Menteri Sosial, agar pernyataan itu tidak berkembang dan menjadi polemik di masyarakat Papua dan Papua Barat.

Fredi mengingatkan pejabat, publik figur, tokoh masyarakat dan masyarakat luas agar lebih berhati-hati memberikan pendapat tentang Papua. Apa lagi bagi orang yang samasekali tidak paham kultur dan budaya masyarakat Papua.

“Kadangkala ada orang yang tidak paham Papua, berkomentar tentang Papua malah jatuhnya seakan-akan mendiskreditkan Papua. Padahal, mereka tidak tahu bahwa Tanah Papua ini adalah surga nya Indonesia,” paparnya lagi.

Fredi Thie sendiri merupakan Bupati di Tanah Papua keturunan Tionghoa, yang lahir dan besar di Kaimana. Kecintaan serta kepedulian besar terhadap orang asli Papua, membuatnya di angkat sebagai anak adat dan terpilih sebagai Bupati ke tiga di Kaimana. (rls/nn)

Author

admin

Tinggalkan Balasan