Bupati Kasihiw : Ke Bintuni, Siapa Pun Wajib Periksa Kesehatan



Foto : Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw menyerahkan bantuan alat pengukur suhu tubuh kepada petugas kesehatan. (Istimewa)

BINTUNI, Nokennews.com – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengingatkan siapa pun yang datang dari luar, wajib hukumnya diperiksa kesehatan. Terutama, mereka yang datang dari daerah terjangkit Covid-19.

“Siapa pun tanpa kecuali, bahkan Presiden pun demikian. Mau gubernur atau bupati, tetap harus diperiksa,” terangnya melalui rilis, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, kebijakan pemeriksaan kesehatan secara ketat dilakukan sebagai upaya Pemkab Bintuni mencegah penyebaran wabah Covid-19. Screening kesehatan secara lengkap dilakukan juga dengan menanyakan riwayat perjalanan.

“Saya sendiri sempat diperiksa kesehatan saat pulang dari luar daerah, Sabtu lalu. Kita membuat aturan dan wajib menjadi contoh bagi masyarakat. Ini tak boleh dianggap enteng,” bebernya.

Hasil pemeriksaan Bupati Kasihiw saat itu tidak menunjukan tanda-tanda terjangkit Covid-19, seperti demam, batuk dan flu.

“Suhu tubuh pak Bupati 37,5 derajat celcius, artinya aman dan tidak masuk kategori ODP,” kata dr. Eka Suradji, Tim Satgas Covid-19 Bintuni.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran WHO, organisasi kesehatan dunia yang mewajibkan pemeriksaan kesehatan bagi orang yang bepergian ke luar daerah, apalagi ke daerah terjangkit.

Untuk menunjang pencegahan wabah Covid-19, Bupati Kasihiw menyerahkan alat pengukur suhu tubuh kepada Satgas Covid-19. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan