Catat! Tiga Tanggal Ini Jadi Perhatian Siaga SAR Khusus Nataru



Foto : Persiapan Siaga SAR Khusus jelang Natal dan Tahun Baru di Manokwari.

Foto : Persiapan Siaga SAR Khusus jelang Natal dan Tahun Baru di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional  (Basarnas) menyiapkan SAR Khusus Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejak Rabu, 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2019.

Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman kepada masyarakat jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Basarnas memberi perhatian khusus pada puncak arus mudik dan liburan yang diperkirakan berlangsung mulai 21 dan 28 Desember 2019, serta tanggal 5 Januari 2020.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, George L. Mercy Randang mengingatkan personilnya termasuk potensi SAR harus siap dan sigap mewujudkan pelayanan untuk masyarakat.

“Pelayanan cepat, tepat, aman dan handal membantu unsur terkait memantau jalur mudik dan tempat wisata,” ungkapnya saat gelar pasukan bersama potensi SAR dan TNI/Polri, Rabu (18/12/2019) di Kantor SAR Manokwari.

Menurutnya personil dan potensi SAR termasuk semua unsur yang terlibat harus profesional, sinergis dan militan, sesuai amanat Kepala Basarnas, Marsdya TNI Bagus Puhurito.

Pengamanan Nataru secara khusus di Manokwari, Papua Barat, melibatkan 66 personil yang ditempatkan di Manokwari, Pos SAR Bintuni dan Unit Siaga Wasior.

“Titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, berkonsentrasi pada transportasi mudik Natal dan Tahun Baru,” terangnya.

Sejumlah lokasi yang dimaksud diantaranya Bandar Udara Rendani, Bintuni, Wasior, pelabuhan umum dan pelabuhan penyebrangan kapal feri serta lokasi wisata pantai, air terjun, Kali/sungai.

Usai apel dilanjutkan dengan pemeriksaan sarana dan pra sarana yang disiapkan untuk siaga SAR Khusus Nataru.

Apel Siaga yang sama juga berlangsung di Pos Pencarian dan Pertolongan Bintuni serta Unit Siaga Wasior. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan