Cegah Penumpang Laut Ilegal Masuk Sorong, Lantamal XIV Turun Tangan



Foto : Walikota Sorong, Lamberthus Jitmau, pimpin apel gabungan Satgas Terpadu. Pengawasan perairan diperketat, cegah masuknya penumpang ilegal. (sws/nn)

SORONG, Nokennews.com – Walikota Sorong, Lamberthus Jitmau mengeluarkan surat edaran tentang pengawasan moda transportasi laut dan perairan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan perairan, selama masa pandemi Covid-19.

“Saya ingin kita semua bersatu, pemerintah, TNI dan Polri serta masyarakat, bersatu melawan virus Corona ini,” ujarnya saat apel gabungan Satgas Terpadu Pengawasan Transportasi Laut, Jumat (15/5/2020) di pelabuhan Sorong.

Dalam surat edaran itu, aktivitas pengurus, agen kapal dan pemilik speedboat termasuk pengguna transportasi laut akan dipantau oleh tim Satgas Laut dipimpin Danlantamal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani.

Untuk memperkuat pengawasan transportasi laut, tim Satgas Terpadu juga mendirikan posko di setiap pelabuhan dan menempatkan personil gabungan.

Sedangkan, transportasi penumpang kapal laut hanya diperbolehkan di pelabuhan umum dan pelabuhan Rakyat. Sementara transportasi penumpang di pelabuhan Marina, khusus untuk speedboat dan perahu jhonson sejenis.

“Aktivitas penumpang diijinkan berlangsung dari jam lima pagi sampai jam tujuh malam,” ujar Walikota.

Walikota Sorong berharap keterlibatan Danlantamal XIV sebagai ketua Satgas Laut, dapat meminimalisir masuknya penumpang ilegal yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Usai apel, tim Satgas Terpadu melakukan patroli laut, sekaligus mensosialisasikan kepada para nelayan dan pengguna moda transportasi laut di perairan Kota Sorong. (sws/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan