Dana Bos 100 Mliar Langsung ke Rekening Sekolah



Foto : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba.

MANOKWARI, Nokennews.com – Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) saat ini langsung ditransfer ke rekening sekolah dari Kantor KPPN Manokwari. Sebelumnya dana bantuan ini disalurkan melalui dinas pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba mengatakan pihaknya hanya bertugas melakukan pengawasan pengunaan dana BOS.

“Kami awasi penggunaannya. Sekarang transfer langsung ke rekening sekolah,” terangnya akhir pekan kemarin di Manokwari.

Besaran dana BOS untuk 53 SMK dan 120 SMA di Papua Barat, berjumlah Rp.100 Miliar. Alokasi dana disesuaikan dengan rencana belanja yang diajukan sekolah ke pusat, berdasarkan standar belanja dana Bos.

Hanya saja pihak sekolah memastikan penggunaan anggaran ini harus sesuai dengan peruntukan, karena dalam pengawasan yang cukup ketat.

“Semua SMA/SMK di Papua Barat diminta memperhatikan hal ini. harus bertanggung jawab sesuai dengan apa yang direncanakan,” terangnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, realisasi dana BOS tahun 2020 melalui 3 tahap, yakni 30 persen, 40 persen dan 30 persen. Ini juga sudah termasuk afirmasi untuk daerah yang belum terjangkau.

Secara keseluruhan tingkat pendidikan termasuk SD dan SMP, alokasi dana BOS Papua Barat Tahun 2020 sebesar Rp 275,89 Miliar. Jumlah ini lebih banyak dari Tahun 2019 lalu. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan