Darurat COVID-19, Akad Nikah di KUA Diizinkan Tanpa Resepsi



Foto : Kepala Bidang Urusan Haji dan Binmas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Asis Hegemur. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Dirjen Bimas Islam Kemenag mengeluarkan surat edaran terbaru Nomor : P-003/DJ.II/Hk.00.7/04/2020, tentang pelaksanaan protokol penanganan COVID-19 pada area publik di lingkungan Ditjen Binmas Islam Kemenag.

Surat ini sebagai perubahan atas surat edaran Nomor : P-002/DJ.III/Hk.00.7/03/2020, berisi beberapa poin penting, diantaranya protokol pelayanan akad nikah di seluruh KUA.

Kepala Bidang Urusan Haji dan Binmas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Asis Hegemur menjelaskan pendaftaran nikah tetap dibuka secara online melalui website simkah.kemenag.go.id.

“Pelayanan akad nikah hanya bagi calon yang mendaftar sebelum tanggal 1 April 2020,” terangnya, Rabu (8/4/2020) di Manokwari.

Menurutnya akad nikah di KUA dengan penerapan social distancing, sementara akad nikah di luar KUA ditiadakan. Permohonan akad nikah selama masa darurat COVID-19 bagi pendaftar baru, juga tidak dilayani.

Berdasarkan edaran terbaru, pelaksanaan akad nikah secara online baik melalui telepon, video call atau aplikasi berbasis web tidak diperkenankan.

“Akad nikah hanya dilakukan di KUA dengan standart operasi prosedur (SOP) pencegahan COVID-19. Membatasi jumlah orang dalam proses akad nikah, tak lebih 10 orang,” ungkap Asis.

Calon pengantin dan keluarga yang terlibat, harus membasuh tangan dengan sabun/hand sanitezer serta wajib memakai masker. Petugas wali nikah juga wajib mengenakan sarung tangan dan masker saat Ijab Kabul.

Seluruh KUA di Indonesia, juga memberi nomor kontak dan alamat email petugas untuk memperlancar pelayanan konsultasi secara online.

Tentunya ditekankan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dalam pelayanan tersebut.

“Untuk pelaksanaan akad nikah yang tidak mengikuti prosedur dan tidak sesuai protokol, tetap ditolak,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan