DPR Papua Barat Dorong Pelaksanaan Rapid Tes Massal Berskala Besar



Foto : Rapid Tes Massal yang digelar belum lama ini di Manokwari. DPR Papua Barat, mendorong hal serupa sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Papua Barat. (red/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Masih banyak warga yang ingin mengikuti pemeriksaan Rapid Tes Covid-19. Beberapa rapid tes massal memang sudah digelar di Kota Sorong dan Manokwari, tetapi dianggap belum maksimal.

“Banyak warga ingin ikut rapid tes, tetapi mungkin saja terkendala. Mereka juga mengeluhkan biaya tes rapid yang dilakukan diluar tes secara massal,” sebut anggota DPR Papua Barat, Saul Rante Lembang, saat rapat bersama pemprov dan Forkopimda Papua Barat, Senij (6/7/2020) di Manokwari.

Menurutnya pemeriksaan rapid tes secara massal perlu dilakukan hingga seluruh wilayah di Papua Barat, terutama di daerah zona merah. Ini juga penting dilakukan di empat wilayah zona kuning dan hijau di Papua Barat.

“Saat kunker ke wilayah kerja kami, tugas masing-masing Gustu Covid-19 kabupaten/kota berjalan baik. Hanya saja perlu dilakukan tes secara massal lagi,” paparnya.

Foto : Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan bersama anggota DPR Papua Barat, Saul Rante Lembang, usai rapat koordinasi di Manokwari, Senin (6/7/2020). (els/nn)

Dikabarkan, ada sejumlah hal penting yang disampaikan saat Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto. Sp. Rad, tiba di Manokwari.

“Harus dilaporkan transparan, berapa tenaga kesehatan kita dan alat apa saja yang sudah dan belum dimiliki. Kita juga belum punya dokter spesialis paru,” bebernya.

Meski memiliki RSU Provinsi, disebutnya pula masih membutuhkan sejumlah perlengkapan tambahan, baik peralatan kesehatan dan APD.

“Seperti Dokter Spesialis Paru, ini harus dihandle Kementrian Kesehatan. Kita masih membutuhkan banyak perlengkapan untuk menghadapi Covid-19 di Papua Barat,” singkatnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan