DPRD Tambrauw Tolak Rencana Otsus Jilid II



Foto : Hugo Asrow, anggota DPRD Kabupaten Tambrauw. (Istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Anggota DPRD Kabupaten Tambrauw, Hugo Ch. Asrouw, ST menolak draft Otsus Jilid II yang dirancang Pemerintah pusat melalui Bappenas RI.

“Saya pribadi menolak rencana pemerintah pusat yang ingin perpanjang Otsus setelah masa DAU dua persen Otonomi khusus berakhir 2021,” terang Hugo via rilis tertulis, Kamis (12/3/2020).

Ia mempertanyakan indikator apa yang digunakan Negara dalam merencanakan Otsus Jilid II.

Apalagi pemerintah pusat melalui Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, memberi lampu hijau untuk rencana perpanjangan penyaluran dana Otonomi Khusus (Otsus) serta pemekaran wilayah provinsi Papua.

Mengutip pernyataan Mahfud, Hugo mengatakan dana Otsus akan diperpanjang dengan Undang Undang baru karena masa berlakunya akan habis tahun 2021.

Ia menilai Otsus gagal total dan ketika dua hal di atas dipaksakan, indikasi pemusnahan OAP akan terjadi. Pasalnya, rakyat asli Papua belum merasakan dampak positif dari Otsus.

“Karena itu pemerintah harus melakukan evaluasi Otsus bersama rakyat Papua,” terangnya.

Alasan dirinya menolak rencana perpanjangan Otsus Jilid II, juga karena belum menjawab keberpihakan, perlindungan dan pemberdayaan bagi OAP.

Dari Informasi yang dihimpun oleh media ini, terdapat tiga Rancangan Draft Otsus, yakni Draft Bappenas, Draft Evaluasi Terbatas UU Nomor 21 Tahun 2001 versi Papua Barat dan Draft Otsus Plus Versi Provinsi Papua. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan