Dua Kapal Buatan Anak Negeri Diresmikan di Dockyard Pertamina Sorong



Foto : Moring Boat Kunawa 1, hasil produk anak negeri Asli Papua di Dockyard PT. Pertamina Kota Sorong. (sws/nn)

SORONG, Nokennews.com – PT. Pertamina Dockyard Sorong, meresmikan dua kapal tipe Moring Boat, Senin (22/6/2020). Kedua kapal bernama Kumawa 1 dan 2 ini nantinya digunakan untuk menopang dan masuk-keluar kapal besar milik Pertamina.

Perusahaan yang berkarya hampir 45 tahun di Kota Sorong, akhirnya membuktikan sumbangsihnya dengan membuat kapal yang sebagian besar pekerja merupakan putra-putri Papua.

“Pengerjaan kapal dari tahun 2018 dan melibatkan 60 persen pekerjanya putra dan putri asli Papua. Kita kerjakan selama 3 tahun,” ujar Kepala PT. Pertamina Dockyard Sorong, Lukas Gandum.

Dikatakan peresmian dua kapal buatan tangan OAP ini, dinilai menjadi bukti jika pembuatan kapal juga bisa dilalukan di Papua Barat.

Foto : Peluncuran perdana kapal Moring Boat Kumawa 1 dan Kumawa 2 milik PT. Pertamina Kota Sorong. (sws/nn)

“Jadi inilah karya yang kami tunjukan. Bahwa, kami di dockyard Sorong, sanggup dan semoga ke depan dipercaya membangun kapal yang lebih besar,” bebernya.

“Intinya, kami dapat meyakinkan bahwa putra dan putri Papua, juga mampu membuat kapal,” papar Lukas lagi.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Sorong, Julian Kelly Kambu berharap hasil pembuatan kedua kapal ini menjadi pionir awal di Papua Barat.

“Mewakili pemerintah daerah, saya mengapresiasi hasil karya ini. Kapal yang kecil saja bisa dibuat dan tidak mustahil bisa buat kapal besar juga nanti,” singkatnya. (sws/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan