Dua Sekretaris KPU Dilaporkan ke Ombudsman Papua Barat



Foto : Penyerahan dokumen aduan dari JPKP ke Bawaslu Papua Barat. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Dua Sekretaris KPU dilaporkan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Manokwari ke Obudsman Papua Barat.

Ketua DPD JPKP Manokwari Timotius Daud Yelimolo melaporkan Sekretaris KPU Papua Barat, Thamrin Payapo atas dugaan transfer suap berdasarkan temuan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI.

Laporan yang sama juga dilakukan terhadap Sekretaris KPU Manokwari, Rustam Efendy, atas dugaan tindakan pornografi yang belum selesai diproses secara hukum.

“Kami mendesak kedua sekretaris yang sebagai pejabat negara dan melakukan pelanggaran kode etik segera dipanggil Ombudsman,” ujarnya, Jumat (20/3/2020) di Kantor Ombudsman Papua Barat.

Kepala Ombudsman Papua Barat, Musa Sombuk mengaku akan memeriksa dokumen aduan dan memanggil para pihak untuk dimintai keterangan, sesuai kewenangannya.

Ombudsman Papua Barat juga memantau apa yang sudah dilakukan Ketua KPU Manokwari dan KPU Papua Barat, terhadap kedua sekretaris yang dinilai melakukan pelanggaran sebagai pejabat penyelenggara Pemilu.

“Ini baru proses awal aduan. Akan dilihat apakah ada tindakan administrasi terhadap kode etik dan integritas penyelenggara atau tidak,” bebernya.

Musa mengaku akan memberi rekomendasi jika kedua sekretaris KPU terbukti melakukan pelanggaran.

“Sekretaris KPU adalah pejabat penyelenggaraan Pemilu. Integritas dan etika pejabat penyelenggara adalah harga mati,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan