Dua Tahun Lagi, Seluruh Kampung di Papua Barat Nikmati Internet



Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Barat, Frans P. Istia. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Kabar baik datang dari upaya menembus batas yang digalang pemerintah melalui program Jaringan Palapa Ring yang dipasang BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi).

Saat ini jaringan Palapa Ring sudah menjangkau semua ibu kota kabupaten di Papua Barat. Ditargetkan seluruh distrik dan kampung di Papua Barat, dapat mengakses internet tahun 2022.

“Jaringan yang sudah ada di ibu kota kabupaten itu, tinggal ditarik ke distrik dan kampung-kampung,” beber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Barat, Frans P. Istia di Manokwari, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya, proyek strategis Nasional Palapa Ring sudah selesai, dengan pemasangan jaringan kabel optik di ibu kota kabupaten/kota. Kemudian, bisa dengan menarik kabel atau memasang tower BTS (Base Transceiver Station) ke kampung-kampung.

“Selanjutnya yang dibutuhkan adalah komitmen kepala daerah melalui komitmen nyata, agar masyarakat di seluruh kampung bisa menjangkau internet,” terangnya lagi.

Dengan demikian, kehadiran jaringan Palapa Ring di seluruh daerah diharapkan mampu menarik investor telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat serta operator telekomunikasi lain.

Dan, saat ini operator sudah menyatakan kesiapan seperti Telkomsel yang tak lama lagi masuk ke kabupaten Pegunungan Arfak.

“Upaya Kementrian Kominfo memasang jaringan sudah, operator juga siap dan kini tinggal menunggu komitmen kepala daerah,” singkatnya.

Ditambahkan seluruh warga du Indonesia, berhak untuk bisa menikmati akses jaringan internet, terutama di wilayah distrik dan kampung. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan