Eks Kantor Bupati Manokwari Jadi Kejati Papua Barat, Mulai Eksis Tahun 2020



Foto : Bupati Manokwari, Demas P Mandacan (kiri), Kejari Manokwari, Banjar Nahor (tengah) dan Kajati Papua, Nikolaus Kondomo (kanan), meninjau persiapan kantor Kejati Papua Barat di Manokwari, Selasa (17/12/2019).

MANOKWARI, Nokennews.com – Kejaksaan Tinggi Papua Barat bakal segera hadir di Manokwari. Untuk sementara kantor Kejati Papua Barat akan menggunakan gedung eks Kantor Bupati Manokwari lama di Jalan Pahlawan, Distrik Manokwari Barat.

“Kami harap rehab gedung rampung sesuai target pada bulan Januari 2020. Setelah itu kita akan koordinasi ke Kejagung untuk menyiapkan hal-hal penting yang lain,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nicolaus Kondomo, SH, MH saat meninjau eks kantor Bupati Manokwari yang lama, Selasa (17/12).

Kejaksaan Tinggi Papua Barat akan membawahi 5 Kejaksaan Negeri, diantaranya Kejari Manokwari, Fakfak, Teluk Bintuni, Kaimana dan Sorong.

“Urusan administrasinya sudah lengkap, termasuk SDM yang akan ditentukan oleh pusat. Setelah gedung siap, saya harus kembali laporkan ke pusat lagi,” bebernya.

Nikolaus menilai peran serta perhatian Pemkab Manokwari dan Pemprov Papua Barat, sangat baik dan mendukung penuh kehadiran Kejati Papua Barat.

Foto : Salah satu sudut ruangan yang disiapkan menjadi kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat.

Pemkab Manokwari Sendiri bertugas menyiapkan fisik (bangunan) sedangkan Pemprov Papua Barat akan menyiapkan meubelair kantor.

“Kehadiran Kejaksaan Tinggi Papua Barat akan memudahkan koordinasi dengan pemerintah daerah dan stake holder terkait,” paparnya.

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan menerangkan Kejati Papua sementara waktu menggunakan eks kantor bupati lama sambil menunggu pembangunan Kantor Kejati Papua Barat.

“Kehadiran Kejati lebih cepat lebih baik, karena selama ini koordinasi harus ke Kejati Papua di Jayapura atau pun ke Jakarta,” ucap Demas.

Rehab kantor bupati lama masuk dalam ABPD Manokwari Tahun Anggaran 2019. Pekerjaan ini dimulai sejak akhir November lalu dan sudah mencapai 80 persen.

Turut dalam peninjauan ini, Sekda Manokwari, Aljabar Makatita dan Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Banjar Nahor serta Kepala Dinas PU Kabupaten Manokwari, M. Situmorang. (ajm/nn)

 

 

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan