Empat KADA Dilantik, 4 Menyusul, Teluk Wondama Tunggu Putusan MK



Pelantikan 4 pasangan kepala daerah pemenang Pilkada di Papua Barat, Jumat (26/2/2021). Pelantikan yang sama untuk 4 pasangan KADA, menyusul kemudian. (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pelantikan 4 kepala daerah pemenang Pilkada 2020, kabupaten Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Raja Ampat dan Manokwari, digelar Jumat (26/2/2021) di Auditorium PKK Arfai Manokwari.

Ke empat kepala daerah yang dimaksud adalah Yosias Saroy-Marinus Mandacan, Markus Waran-Wempi Rengkung, Abdul Faris Umlati-Orideko Burdam dan Hermus Indou-Edy Budoyo.

Pelantikan oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mewakili Menteri Dalam Negeri, berlangsung terbatas dengan penerapan Protokol Kesehatan COVID-19.

Dalam kesempatan itu, gubernur menyebut pelantikan yang sama akan digelar pula bagi kepala daerah kabupaten Teluk Bintuni, Fakfak, Sorong Selatan dan kabupaten Kaimana.

Ke empat kepala daerah yang akan dilantik kemudian adalah Samsudin Anggiluli-Martinus Salamuk (Sorong Selatan), Fredi Thie-Hasbulla Fuarada (Kaimana) Untung Tamsil -Yohana Dina Hindom (Fakfak) dan Petrus Kasihiuw-Matret Kokop (Teluk Bintuni).

Menurutnya pelantikan empat kepala daerah yang lain, akan dilakukan secara bertahap dan disesuaikan juga dengan akhir mada jabatan.

“Sedangkan untuk Teluk Wondama, masih menunggu keputusan Mahkama Konstitusi (MK) di Jakarta,” ujar gubernur.

Untuk hasil Pilkada Teluk Wondama yang dimenangkan pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy, masih menunggu keputusan MK atas gugatan yang diajukan pasangan Elysa Auri-Fery Michael Deminikus Auparay.

“Kita baru saja menyaksikan pelantikan kepala daerah Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Raja Ampat dan Manokwari. Ini baru empat dari 9 daerah yang menggelar Pilkada Desember 2020 di Papua Barat,” terangnya.

Orang nomor satu di provinsi Papua Barat ini berpesan bagi kepala daerah yang dilantik. Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat demi kesejahteraan daerah masing-masing.

“Ada beberapa kepala daerah periode 2016-2021 yang kembali dilantik. Dipercaya akan semakin memajukan daerahnya masing-masing,” ungkap gubernur.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung penuh kebijakan pembangunan para kepala daerah yang dilantik. Ucapan terima kasih tak lupa disampaikan kepada KPU, Bawaslu dan aparat TNI/Polri termasuk Satgas COVID-19 atas suksesnya Pilkada lalu. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan